Baru Dirilis di Indonesia, Zuk Z1 Sudah Tersandung Kasus Pemalsuan Sertifikasi

Zuk Z1 Diketahui Gunakan Sertifikasi Palsu – Smartphone pendatang baru yang belum lama dirilis di Tanah Air, Zuk Z1, tampaknya kini tengah menjadi sorotan. Hal tersebut lantaran smartphone Android Zuk Z1 yang dipasarkan di Indonesia diberitakan menggunakan sertifikat palsu. Padahal smartphone ini sudah dijual lewat sistem online menggandeng perusahaan e-commerce kenamaan.

Zuk Z1 Diketahui Gunakan Sertifikasi Palsu

Sementara itu, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDDPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Muhammad Budi Setiawan, mengungkapkan apa yang dilakukan Zuk merupakan modus baru yang dilakukan importir untuk menjual smartphonenya di Indoneesia.

“Mereka asal comot (nomor sertifikasi) saja, ditempel dengan harapan orang tidak memperhatikan dan dijual secara online,” ujar Budi Setiawan, dilansir dari portal KompasTekno, Rabu (23/12/2015).

Seperti diketahui, kasus pemalsuan sertifikasi Zuk Z1 pertama kali diungkapkan oleh seorang blogger asal Surabaya. Dia berhasil membuka kecurangan Zuk Z1 lewat sebuah foto kardus beserta nomor izin sertifikasi. Dalam sebuah kardus tersebut, terlihat sertifikasi Zuk Z1 yang bernomor 36012/SDPPI/2014. Setelah ditelusuri ternyata nomor sertifikat tersebut adalah resmi milik PT Pelangi Mas yang berkode MI – 2013029. Kode tersebut merupakan kode untuk produk Xiaomi Redmi 1S.

Sebenarnya apa yang dilakukan oleh Zuk ini sudah marak digunakan oleh perusahaan yang ingin mendapatkan kemudahan dalam berjualan di Indonesia, terutama untuk produk yang dijual secara online. Pemerintah sendiri juga mengaku kesulitan untuk memantau dan mengendalikan produk yang dijual secara online di Indonesia.

Sementara itu, Blibli yang ditunjuk sebagai mitra Zuk untuk memasarkan Z1 juga ikut terseret dalam kasus ini. Ketika dikonfirmasi mengenai pemalsuan sertifikasi Zuk Z1, Blibli mengaku saat ini tengah menginvestigasi  serta sudah melaporkannya ke pihak Zuk dan masih menunggu kejelasan dari perusahaan pembuat smartphone tersebut.

Sekedar informasi, Zuk merupakan perusahaan start-up asal Tiongkok yang mendapatkan investasi besar-besaran dari Lenovo sejak bulan April yang lalu. Sedangkan mengenai produknya Zuk Z1 sebenarnya merupakan smartphone dengan spesifikasi mempuni berupa layar 5,5 inchi, chipset Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, memori on-board 64 GB dan juga sudah mendukung sistem operasi terbaru Cyanogen 12.1. Baca juga Nexus 6P Special Edition untuk Pasar Global Diluncurkan dan OnePlus Diberitakan Sudah Bergabung dengan Oppo.

 

Top