Apple Watch Kuasai Pasaran Smartwatch

Apple Watch Menjadi Produk Terpopuler  di Pasaran Smartwatch – Sejak awal tahun 2015, produk wearable device telah mulai dikembangkan dan satu persatu vendor mulai memperkenalkan produknya ke pasaran. Hingga kini, update berita terbaru menyatakan bahwa sekitar 80 juta wearable akan segera disebar ke seluruh dunia. Menurut perkiraan, pada tahun 2016 mendatang angka tersebut akan mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu sebanyak 44,4 persen yang mencapai jumlah sekitar 111,1 juta unit.

apple-watch-menjadi-produk-terpopuler-di-pasaran-smartwatch

Berdasarkan riset International Data Corporation (IDC) seperti laporan Trends yang dilansir dari halaman tekno.liputan6, Selasa (22/12/2015) menyatakan bahwa wearable device berjenis smartwatch akan mendorong banyak peningkatan jumlah produksi tersebut.

IDC menambahkan bahwa perkiraan untuk tahun 2019 pemasaran dari wearable secara keseluruhan ini diperkirakan akan mencapai angka yang lebih fantastis yaitu 214,6 juta unit. Dari angka tersebut penjualan terbanyak didongkrak oleh produksi smartwatch yang setiap periode angka penjualannya semakin meningkat.

Bahkan, untuk produk wearable device berjenis smartwatch ini hingga tahun 2016 diperkirakan akan mencapai angka sebanyak 34,4 juta unit.

Dari sejumlah produk smartwatch yang diproduksi untuk seluruh pasaran di dunai tersebut, angka penjualan yang mendominasi adalah produk dari Apple yaitu Apple Watch yang membawakan WatchOS dikabarkan telah berada pada barisan terdepan dan memimpin semua sistem operasi hingga menguasai pangsa pasar sebesar 61,3 persen. Kemudian posisi tersebut diikuti oleh Android Wear dengan angka 15,2 persen. Memang selisih yang sangat jauh apabila dibandingkan dengan Apple Watch. Diposisi berikutnya adalah Pebble OS yang memiliki porsi 8,6 persen baru disusul Samsung Tizen sebesar 8,2 persen.

Keberadaan WatchOS yang menguasai pasaran dengan porsi sebesar itu, IDC kemudian memprediksikan bahwa untuk tahun 2016 mendatang posisi pertama akan tetap dipertahankan oleh Apple Watch dengan pangsa pasar sebesar 51,1 persen. Namun, peningkatan dari Android Wear juga cukup signifikan yaitu menjadi 38,8 persen. Sehingga untuk tahun-tahun berikutnya kemungkinan persaingan akan menjadi semakin ketat.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa mulai awal Desember 2015 lalu, Apple Watch juga telah resmi datangi Tanah Air, sehingga pangsa pasar dari wearable besutan Apple ini menjadi semakin meluas. Baca juga Tanggal 4 Desember Apple Watch Resmi Rilis di Tanah Air dan Microsof Band 2, Perangkat Gelang Pintar Terbaru dari Microsoft

Top