Aplikasi Kencan Mungkinkan Seseorang Dapatkan Donor Organ Tubuh

Kerja Sama Tinder dan NHS Mudahkan Pencarian Donor Organ Tubuh – Sebuah aplikasi kencan yaitu Tinder, kini telah menjalin kerja sama dengan lembaga layanan kesehatan di Inggris, NHS untuk menjadi sebuah media yang memudahkan seseorang melakukan pencarian pendonor organ tubuh. Lalu, bagaimana konsepnya?

kerja-sama-tinder-dan-nhs-mudahkan-pencarian-donor-organ-tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi Tinder merupakan sebuah aplikasi kencan yang digunakan seseorang untuk mecari kecocokan dengan orang lain yang tentunya dengan kepribadian sesuai dengan yang diinginkannya. Namun, berdasarkan informasi sekitar dua minggu mendatang pengguna akan disuguhi dengan fitur baru yaitu bagi setiap pengguna yang hendak menggeser foto-foto mereka pada aplikasi ini, dinajurkan untuk mendaftarkan diri sebagai pendonor atau donasi organ tubuh untuk NHS.

Terdengar menyeramkan memang, seseorang yang masih hidup harus mendaftarkan diri memberikan organ tubuhnya bagi orang lain. Namun, hal tersebut bukan berarti organ tersebut akan diambil saat pendonor masih hidup tetapi semacam menyatakan dirinya sebagai pendonor saat dia telah meninggal dunia nantinya.

Kepala Komunikasi Tinder Eropa, Hermonie Way kemudian mengatakan dalam kutipan yang dilansir dari halaman techno.okezone, Selasa (15/12/2015),”Para pengguna Tinder biasanya memutuskan untuk menggeser foto ke kiri atau ke kanan untuk mengetahui apakah ada seseorang yang cocok untuk dirinya,”

Pada saat pengguna menggeser foto tersebut, nantinya akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan “Jika saja sedemikian mudahnya mencari pendonor yang bisa menyelamatkan kehidupan.”

Dengan begitu melakukan penggeseran foto, akan menjadi sebuah keputusan yang sangat penting bagi pengguna. Selain untuk mencari pasangan yang cocok dengan dirinya, maka ia juga harus mengambil keputusan untuk mendaftarkan diri sebagai penyumbang organ tubuh.

NHS juga menambahkan, bahwa pihaknya ingin melibatkan lebih banyak kaula muda untuk turut serta melakukan kampanye donor organ tubuh tersebut.

Yang menjadi pemicu adanya gerakan donor organ tubuh ini, adalah laporan dari NHS Blood and Transplant pada bulan Juli lalu mengatakan bahwa jumlah pendonor organ tubuh setelah seseorang meninggal dunia mengalami penurunan selama satu dekade ini.

Pada laporan tersebut, dinyatakan sebanyak 7.000 orang saat ini telah berada dalam daftar tunggu untuk tindakan pencangkokan organ tubuh, sedangkan dalam beberapa tahun terakhir ini sekitar 6.000 orang di Inggris meninggal saat menunggu adanya pendonor organ tubuh tersebut. Baca juga Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Mobile Hentikan Kecanduan Rokok dan Tale Aplikasi Perpaduan Twitter dan Reddit

Top