20 Tahun ke Depan, Jepang akan Dipadati Populasi Robot!!

Jepang Diprediksi akan Dipadati Robot – Teknologi semakin ke sini semakin canggih, penggunaan robot untuk membantu pekerjaan manusia pun sudah menjadi sesuatu yang wajar. Jepang adalah salah satu negara yang tekenal karena kepintarannya mmebuat perangkat robotik. Bahkan di sana terdapat sebuah patung robot Gundam yang biasanya hanya muncul sebagai karakter anime di televisi Jepang. Tapi patung robot Gundam ini dihadirkan di Jepang sebagai simbol betapa besarnya antusiasme masyarakat jepang terhadap eksistensi robot di negara tersebut.

Jepang Diprediksi akan Dipadati Robot

Gundam tersebut merupakan salah satu simbol dari negara Jepang yang sangat mencintai dunia robotik. Selain itu, ada juga hotel yang mempekerjakan robot dinosaurus untuk menyambut para tamu yang datang ke hotel, mengangkat koper-koper serta membereskan kamar setelah tamu keluar dari hotel. Ada juga beberapa perusahaan yang memperkerjakan para robot untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan, seperti robot penerjemah, robot untuk para manula, robot pelayan restoran, dan masih banyak lagi robot di Jepang yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jepang memang menjadi pionir pencipta perangkat robotik di dunia. Beberapa analisis bahkan memprediksi bahwa ke depannya negara Jepang akan dipadati dengan robot pada tahun 2035. Para analisis dari Nomura Research Institute tersebut mengungkapkan dari studi yang mereka lakukan, setengah populasi ini akan diisi oleh kalangan robot pekerja. Studi ini dilakukan dengan mengevaluasi pekerjaan yang saat ini terdapat di Jepang. Caranya dengan mengelompokkan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis oleh robot dan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia saja.

Dijelaskan juga jenis pekerjaan kreatif yang memungkinkan bisa dilakukan oleh robot diantaranya adalah profesi desainer grafis. Namun, peluangnya hanya sedikit saja. Sementara itu pekerjaan yang benar-benar bisa dikerjakan oleh robot adalah jenis pekerjaan customer service, penerjemah, helpdesk, mengangkat barang berat dll.

Semua ini hanya prediksi semata saja dari beberapa analisis, yang bisa benar-benar terjadi maupun tidak terjadi sama sekali. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau perhitungan yang telah dilakukan tersebut bisa terjadi pada tahun 2035 mendatang.

Top