Windows Phone Masuk dalam Perangkat yang Paling Sulit Diretas

Smartphone OS Windows Paling Sulit Diretas – Mungkin saat ini banyak dari kita yang percaya jika BlackBerry adalah salah satu smartphone yang paling sulit untuk diretas, karena terbukti jika BlackBerry menyajikan platform mobile paling aman di dunia, tak seperti platform mobile lainnya yang rawan akan kasus ‘cyber crime’. Jika sobat masih menganggap jika BlackBerry adalah platform mobile teraman, mungkin anggapan tersebut kini bisa saja ada benarnya tetapi bukan sepenuhnya.

Windows Phone Masuk dalam Perangkat yang Paling Sulit Diretas

Hal tersebut telah diungkapkan oleh hacker golongan putih, yang bernama Steve Lord, dimana Lord mengungkapkan jika sistem operasi mobile saat ini memiliki dua sisi yakni sisi baik dan buruk. Dari semua sistem operasi memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing, sehingga sangat sulit untuk mensejajarkan satu sama lain. Tetapi menurut Lord, untuk saat ini sistem operasi Microsoft, yaitu Windows Phone menjadi satu-satnya perangkat yang mungkin paling sulit diretas.

“Sekarang ini, Windows Phone tampak yang paling sulit untuk diretas,” ujar peretas tersebut dalam sebuah wawancara untuk What Mobile, sebagaimana dilansir dari KompasTekno, Selasa (11/11/2015).

Meski menilai Windows Phone sulit diretas, tetapi Lord juga juga mengagumi sistem keamanan yang dimiliki BlackBerry. “BlackBerry memiliki sejarah panjang dari perangkat yang berfokus pada keamanan,” tambah Lord.

Sementara saat menjawab pertanyaan mengenai perangkat apa yang paling gampang diretas, Lord langsung menjawab sistem operasi buatan Google, yaitu Android.

“Jika saya punya akses fisik ke perangkat, saya biasanya menemukan Android sebagai target termudah,” ucapnya.

Lord juga tak segan untuk membandingkan tiga perangkat milik iPhone, Android, dan Blackberry, yang mana Lord menyatakan jika perangkat Android adalah yang paling rawan diretas diantara perangkat lainnya.

“Kemudian datanglah iPhone, kemudian BlackBerry di versi yang lebih tua. Jika saya harus menyerang melalui jaringan atau lewat e-mail atau pesan, Android merupakan target termudah,” kata Lord mantap.

Selain itu, Lord juga bersedia memberikan saran untuk calon konsumen yang belum bisa membeli smartphone untuk tetap menggunakan ‘feature phone’ atau jika mampu disarankan membeli BackBerry 10, menurut Lord kedua platform tersebut dikatakan paling aman dari tindak pencurian data. Namun jika konsumen bersikukuh ingin membeli perangkat Android, maka Lord menyarankan untuk membeli Nexus dengan alasan Nexus adalah flagship yang paling rutin diberikan pembaruan oleh Google. Baca juga Google Maps Tingkatkan Operasional Navigasi Offline dan Kurang Inovasi, Bisnis Handset BlackBerry Terancam Mati.

Top