Windows 10 Kuasai 8% Pasar Sistem Operasi Desktop

Windows 10 Tetap Menjadi Nomor 1 di Pasar Sistem Operasi Desktop – Sistem operasi generasi terbaru besutan Microsoft, yakni Windows 10 tetap mempertahankan statusnya sebagai OS nomor satu untuk perangkat desktop atau komputer. OS Windows 10 belum lama ini dikabarkan telah menguasai 8 persen pangsa pasar sistem operasi desktop. Seperti yang kita ketahui, sejak awal peluncurannya memang sistem operasi Windows 10 ini cukup menarik perhatian dan tingkat adopsinya sangat tinggi.

windows-10-tetap-menjadi-nomor-1-di-pasar-sistem-operasi-desktop

Bulan lalu, Microsoft mengumumkan bahwa pengguna sistem operasi Windows 10 telah mencapai angka 110 juta pengguna. Tingkat penggunaan Windows 10 yang sangat tinggi memang tidak mengejutkan lagi karena Microsoft menawarkan upgrade gratis pada pengguna Windows 7 dan Windows 8.1.

Semakin baiknya performa Windows 10 akhirnya membuat pangsa pasar Windows 10 telah mencapai 7,94 persen atau tepatnya 8 persen berdasarkan informasi dari NetMarketShare. Meski tingkat penggunaan atau adopsinya sangat tinggi, tetapi sebenarnya pangsa pasar Windows 10 masih jauh dari para pendahulunya. Saat ini Windows 7 masih mendominasi dengan menguasai pangsa pasar 55,71 persen, Windows 8.1 menguasai 10,68 persen, dan Windows XP yang masih memiliki pangsa pasar sebesar 11,68 persen. Selain itu, tingkat adopsi Windows 10 sudah mengalami penurunan.

Seperti dilansir oleh laman GSM Arena (2/11), Windows 10 memang hadir dengan banyak fitur baru dan perubahan desain antarmuka yang cukup signifikan. Microsoft mendengar banyak masukan dari pengguna dan memutuskan untuk menghadirkan kembali Tombol Start, fitur Multiple Desktop, peningkatan keamanan, dan banyak lagi.

Selain menjadi sistem operasi yang menguasai pangsa pasar komputer desktop modern, Windows 10 juga diklaim kompatibel mampu menjalankan sebagian besar aplikasi pada Windows 7 dan Windows 8.1. Hal ini tentu akan menjadi kemudahan bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang tercatat masih banyak.

Sebelumnya, Microsoft sebagai pengembang sistem operasi Windows generasi terbaru juga telah mengkonfirmasi bahwa OS Windows 10 akan tersedia dipelbagai perangkat atau konsol masa kini, sebut saja PC, tablet, smartphone, Raspberry Pi, Xbox One, dan Hololens. OS ini tersedia dalam beberapa edisi, yakni Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 IoT, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Mobile, Windows 10 Enterprise Mobile dan juga Windows 10 for Education. Baca juga Awal Tahun Xiaomi Dikabarkan Rilis Laptop dan Nextbook Flexx, Netbook Murah 2 in 1.

Top