Tidak Ingin Diganggu? Gunakan Fitur “Do Not Distrub”!

Android Marshmallow, Sedikan Fitur Mode “Do Not Distrub” – Sebagai sistem operasi terbaru dari Android, sudah sewajarnya Marsmallow menyuguhkan fitur yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Ternyata, pada sistem operasi teranyar ini Android menyematkan fitur yang sebelumnya tak terpikirkan oleh pengguna  yaitu  “Do Not Distrub”.

android-marshmallow-sedikan-fitur-mode-do-not-distrub

Sesuai dengan namanya “Do Not Distrub” tentu saja tujuannya adalah untuk menjauhkan pengguna dari gangguan yang disebabkan oleh beberapa notifikasi dari ponsel. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mengatur ponsel ataupun tablet agar tidak mengganggu si pengguna dengan adanya panggilan masuk, pesan, ataupun notifikasi pada saat-saat tertentu.

Fitur ini sebenarnya adalah pengembangan dari fitur “Priority” yang sebelumnya disematkan pada Android Lollipop v5.0. Untuk fitur yang telah dikembangkan ini, “Do Not Distrub” telah mengatur sedemikian rupa dan lebih signifikan agar apabila fitur tersebut diaktifkan pada ponsel, ketika ada panggilan masuk, notifikasi atau pesan lain akan langsung ditolak mentah-mentah, agar tidak mengganggu pengguna sedikitpun.

Berdasar laporan PhoneArena  yang dikutip dari halaman Kompas Tekno, Rabu (11/11/2015) mengatakan bahwa ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk mengatur fitur ini agar tak dibiarkan mengganggu pengguna.

Untuk langkah yang pertama, pengguna diharuskan untuk membuka menu “Setting” pada ponsel. Kemudian carilah sub menu “Sound & Notifications”.

Setelah masuk di dalamnya, Di situlah pengguna akan disuguhi dengan pilihan aplikasi-aplikasi yang telah diunduh  oleh pengguna.

Diantara seluruh aplikasi tersebut, tentu saja ada aplikasi yang sangat dibutuhkan setiap saat kegunaannya dalam situasi dan kondisi seperti apapun seperti email, ataupun sekedar pengingat.

Nah, untuk aplikasi yang dianggap penting dan tidak mengganggu bisa diaktifkan sebagai prioritas dengan menyetel “Treat as Priority” pada aplikasi.

Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi yang dirasa mengganggu pada kondisi tertentu dan pengguna sedang ingin diganggu, maka pengguna dapat membiarkan aplikasi-aplikasi untuk tidak mengganggu aktivitas pengguna saat itu. Tanpa notifikasi apapun, terkecuali dari aplikasi yang diprioritaskan.

Dengan adanya pengembangan fitur ini, nantinya akan semakin mudah bagi pengguna untuk menghindari gangguan-gangguan dari notifikasi ponsel yang kerap kali membuat tidak nyaman pada saat bekerja, rapat ataupun tidur. Baca juga Google Maps Tingkatkan Operasional Navigasi Offline dan The MIND Lab , Mulai Kembangkan Program Penafsir Gelombang Otak

Top