Terungkap! Kapasitas Memori Internal iPhone Ternyata Bisa Diupgrade

Toko Reparasi Bisa Tambah Kapasitas Memori Internal iPhone – Salah satu kelemahan dari smartphone canggih besutan Apple, yaitu iPhone, adalah kapasitas memori internal yang minim dan tidak bisa duupgrade dengan kartu memori eksternal. Padahal konsumen sudah membayar mahal untuk memiliki iPhone yang harga termurahnya saja untuk iPhone 6 dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 jutaan.

Terungkap! Kapasitas Memori Internal iPhone Ternyata Bisa Diupgrade

Dengan harga mencapai belasan juta rupiah, konsumen hanya mendapatkan seri terendah iPhone 6 yang memiliki kapsitas memori internal 16 GB saja tanpa bisa diekspansi. Sementara saat ini kebutuhan multimedia pengguna semakin beragam, dengan beragam file serta aplikasi iOS yang pastinya membutuhkan memori lapang karena ukurannya, pastinya tanpa bantuan kartu memori eksternal kapasitas 16 GB dirasa masih kurang.

Ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk menambah besaran kapasitas memori internal iPhone. Dimana hal ini sedang marak terjadi di negeri Tiongkok yang terkenal dengan ide-ide gilanya. Saat ini tukang reparasi smartphone di Tiongkok siap membantu untuk menyelesaikan minimnya kapasitas memori internal di iPhone, sekarang banyak toko-toko reparasi smartphone Tiongkok yang meneyediakan jasa mengubah memori penyimpanan internal 16 GB menjadi 128 GB dengan pengguna cukup membayar 90 dollar AS atau setara dengan Rp 1,2 jutaan.

Dilansir dari Uber Gizmo, Sabtu, (7/11), proses perluasan kapasitas memori internal adalah lewat cara memanipulasi iPhone agar dapat menerima chipset NAND yang seharusnya tidak kompatibel dengan iPhone. Proses yang dilakukan ahli reparasi sendiri adalah dengan memanfaatkan celah keamanan yang terdapat ada software iPhone.

Proses pengerjaannya juga terbilang cukup cepat. Satu toko reparasi dapat mengerjakan penggantian chipset memori hanya dalam waktu satu jam saja. Meskipun tergolong cepat, ternyata apa yang dilakukan tukang reparasi tersebut sangat beresiko, dimana melibatkan temperatur yang sangat panas untuk dapat melepaskan memori chip dari iPhone.

Resiko selanjutnya jika terjadi kegagalan instalasi, toko reparasi tidak menyediakan jaminan. Artinya kegagalan instalasi harus siap diterima sepihak oleh pengguna dan otomatis juga garansi resmi Apple akan hangus akibat proses ilegal tersebut. Jadi sebelum dilakukan penambahan kapasitas memori internal, toko reparasi meminta pengguna untuk berpikir matang terlebih dahulu. Kabar baiknya, selama ini toko reparasi belum pernah menerima kegagalan instalasi dan mengklaim sudah berhasil melakukan operasi bedah terhadap lebih dari 70 iPhone. Baca juga Fitur Terbaru Google Maps iOS Mampu Beritahu Kemacetan dan Xiaomi Siap Gebrak Pasar Smartphone Afrika Akhir Bulan November 2015.

Top