Telah Hadir Google Maps Offline di Indonesia

Google Maps bisa digunakan tanpa koneksi internet – Kabar gembira bagi pengguna Google Maps, secara resmi Google telah memperkenalkan fungsi baru dari Google Maps tanpa perlu koneksi internet (offline). Sebelumnya fitur ini sudah tersedia di USA dan mulai Senin, (23/11/2015) sudah bisa digunakan di Indonesia. Google Maps bisa digunakan tanpa koneksi internet

Dengan adanya fitur offline ini, kita tidak perlu khawatir koneksi terputus atau hilang secara tiba-tiba saat akan mengunduh sebuah area ke ponsel karena aplikasi tersbut tetap akan berjalan lengkap dengan sistem navigasinya.  Saat sebuah area disimpan untuk akses offline, pengguna bisa mencari destinasi, mendapatkan bekojkan demi belokan, bisa mendapatkan informasi tentang destinasi tersebut seperti jam operasionak, nomor telepon, dan rating tanpa membutuhkan koneksi internet. Tapi kelemahan dari mode offline ini adalah Google Maps tidak akan bisa menampilkan informasi lalu lintas baik itu kemacetan maupun kecelakaan.

Sistem kerja dari Google Maps offline ini adalah kita harus mencari area yang diinginkan terlebih dahulu sebelum masuk ke mode offline. Kalau area yang kita cari belum diunduh, Google Maps tidak akan menampilkan destinasi yang kita cari. Fitur baru ini diharapkan mampu membantu pengguna memangkas pemakaian data yang dipakai dan bisa menghemat baterai saat mengakses Google Maps saat perjalanan.

Kemampuan offline ini akan hadir di versi terbaru dari Google Maps dan baru bisa digunakan untuk pengguna android saja. Bagi pengguna iOS aplikasi offline ini belum bisa digunakan dan kemungkinan akan segera menyusul. Pengguna android yang sudah mendapatkan informasi pembaharuan bisa langsung menggunakan fitur akses offline dari Google Maps.

Langkah-langkah yang harus dilakukan bagi pengguna android adalah sebagai berikut:
1. Pastikan koneksi terhubung dengan internet.

2. Masuk ke akun Google yang sudah dibua sebelumnya.

3. Buka aplikasi Google Maps.

4. Telusuri area atau tempat yang akan dicari.

5. Pada bagian bawah akan muncul sebuah kotak yang mencantumkan nama tempat yang akan kita telusuri.

6. Pilih unduh dan tunggu sampai proses unduh selesai.

Untuk dapat melihat peta secara offline, langkah yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke Google maps kemudian sentuh three vertival dots dan pilih area offline. Ukuran terbesar yang bisa diunduh adalah 120.000 kilometer persegi.

Top