Tak Mau Kalah, Sony Akan Buat Chipset Sendiri

Sony Siap Buat Chipset Secara Mandiri – Saat ini memang beberapa perusahaan smartphone tengah sibuk untuk merancang chipset sendiri untuk perangkatnya. Selain dapat menekan biaya produksi, hal tersebut juga berimbas pada peningkatan perfoma karena umumnya chipset buatan sendiri sudah diprogram untuk bisa sesuai dengan perangkat ciptaannya. Rupanya di tengah gencarnya perusahaan seperti Apple, Samsung, LG, Huawei, dan lain-lain yang sedang mengembangkan chipset, membuat Sony tidak mau berdiam diri. Dilansir dari Digitimes, kini perusahaan asal Jepang tersebut juga ingin merancang chipset untuk bisa disematkan dalam perangkatnya.

Tak Mau Kalah, Sony Akan Buat Chipset Sendiri

Meskipun merasa tertinggal dari empat produsen besar smartphone lainnya yang sudah lebih dulu menancapkan kuku di industri chipset, tak lantas membuat Sony gentar. Digitimes juga menyebutkan saat ini Sony sedang serius menggarap chipset buatannya, meskipun belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi atau jenis chipset apa yang akan dibuat oleh Sony. Namun sumber anonim menyebutkan jika Sony akan menggandeng perusahaan Global Unichip yang didapuk untuk memproduksi chip buatan Sony.

Dengan banyak pabrikan yang lebih memilih memproduksi chipset sendiri, tentunya juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis produsen chipset ternama di dunia. Hingga kini tercatat ada tiga perusahaan besar produsen chipset paling populer yang umumnya sudah kita kenal dalam perkembangan dunia smartphone, mulai dari Qualcomm Snapdragon, MediaTek, dan Speadtrum Communication. Sedangkan jika semua produsen lebih memilih mengembangkan chipset buatannya sendiri, hal ini ditakutkan akan berpengaruh pada kelangsungan produsen chipset  mulai dari tahun 2016 mendatang.

Umumnya banyak produsen smartphone yang lebih memilih menciptakan chipset sendiri karena banyak pengguna yang mengeluhkan kasus overheat, atau kerusakan yang disebabkan oleh komponen chipsetnya. Sehingga mau tidak mau, perusahaan seperti Huawei lebih memilih membuat chip sendiri dengan nama Kirin, Apple dengan chip AX, Samsung dengan chip Exynos, dan juga LG yang kini mulai gencar mengembangkan chip yang diberi nama NuClun bekerja sama dengan Intel dan TSMC.

Sebelumnya Xiaomi juga berniat akan mengembangkan chipset sendiri, meski belum diketahui apakah chipset racikan Xiaomi akan segera diperkenalkan. Yang jelas bukan tidak mungkin mulai beberapa tahun ke depan, masing-masing perusahaan smartphone bakal memiliki SoC rancangan mereka sendiri. Baca juga Tuntutan Pasar, Qualcomm Hanya Terpaksa Rilis Prosesor Octa-core dan Google Rencanakan Racik Chipset Sendiri untuk Smartphone Android.

Top