Sah! Kemenkominfo Resmi Blokir 22 Situs Download Lagu Bajakan

Kemenkominfo Blokir 22 Situs Download Lagu Ilegal –  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara resmi telah menetapkan untuk memblokir 22 situs download lagu ilegal yang biasanya diakses oleh masyarakat Indonesia untuk mengunduh lagu. Pemblokiran yang dilakukan oleh Kemenkominfo tersebut melibatkan  Badan Ekonomi Kreatif (Bakref) dan Asosiasi Industri Rekaman Seluruh Indonesia (Asiri).

Kemenkominfo Resmi Blokir 22 Situs Download Lagu Bajakan

“Ini merupakan satu peristiwa bersejarah, sebelumnya kami sidah menutup download film ilegal. Kali ini kami meminta internet service provider (ISP) untuk menutup 22 situs download musik ilegal,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi dan Teknologi Informatika Bambang Heru Tjahjono di Gedung Kemenkominfo, dilansir dari KompasTekno, Senin (23/11/2015).

“Diharapkan pengguna inet bisa menggunakan situs-situs download musik legal yang sudah ada,” tambahnya lagi.

Untuk 22 situs download lagu ilegal yang telah diblokir pemerintah merupakan situs penyedia lagu ilegal yang mayoritas diakses masyarakat Indonesia untuk mengunduh lagu secara gratis. Adapun rinciannya daftar situs penyedia lagu bajakan yang diblokir Kemenkominfo adalah sebagai berikut :

  1. laguhit.com
  2. mp3days.net
  3. weblagu.com
  4. wapkalagu.com
  5. iozmusik.com
  6. lagu.in
  7. carilagu.net
  8. bursalagu.com
  9. beemp3s.org
  10. arenalagu.com
  11. saranmu.com
  12. tubidy.im
  13. stafaband.info
  14. memomp3.com
  15. zinzhu.com
  16. newlagump3.com
  17. mp3take.com
  18. onlagump3.info
  19. kumpulbagi.com
  20. targetlagu.com
  21. musik-corner.info
  22. musicexplore.com

Sebagai ganti dari mengunduh situs lagu secara ilegal, masyarakat bisa mengunduh lagu secara resmi lewat beberapa situs seperti Langit Musik, Arena Musik, Melodi Online (Melon), Guvera, Joox, dan Valup. Sementara terkait dengan pemblokiran 22 situs download lagu bajakan, menurut pihak Asiri, pemblokiran tersebut baru permulaan saja. Langkah selanjutnya, pihaknya akan tetap memantau situs-situs penyedia lagu bajakan lainnya sehingga ketika sudah mendapatkan data yang valid selanjutnya dilakukan proses pemblokiran.

“Minimal akan ada puluhan lagi yang kami laporkan untuk blokir. Kami telusuri dulu sampai akurat lalu segera berikan ke pemerintah. Kendalanya ada kesulitan menelusuri pemilik situs karena domainnya luar negeri. Langkah pertama memblokir dulu,” ujar Toto Widjodjo, salah seorang anggota Dewan Asiri.

Saat ini demi mendukung UU Hak Cipta, selain hanya akan membawa kasus pembajakan lagu ilegal ke ranah pemblokiran website. Pihaknya juga tengah mempertimbangkan upaya hukum dengan melaporkan penyedia konten bajakan ke Kepolisian. Baca juga Music Story Dinilai Menguntungkan Facebook dan Volup, Hadirkan Cara Mudah Nikmati Streaming Musik Lokal.

  • Nadie Theodore

    pantas lah ga bisa masuk”, udah di blok toh :v wkwkwkw

Top