Ruang Penyimpanan iPhone Penuh? Ikuti Langkah Ini

Cara Membuat Lega Penyimpanan iPhone – Tidak seperti kebanyakan smartphone lainnya yang didukung dengan media penyimpanan eksternal, media penyimpanan iPhone berbeda. Kapasitas media penyimpanannya sama seperti penyimpanan yang dari awal sudah disediakan oleh iPhone tersebut. Misalnya iPhone tersebut hanya dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 8 GB, itu berarti hanya 8 GB saja yang bisa digunakan dalam jenis iPhone tersebut. Tidak bisa ditambahkan dengan penyimpanan eksternal. Apabila memerlukan media penyimpanan yang besar, maka seluruh unit iPhone juga harus diganti.

Cara Membuat Lega Penyimpanan iPhone

Banyak pengguna iPhone yang sering mengeluhkan media penyimpanan yang pas-pasan. Kondisi tersebut bisa dikarenakan banyak cache dan temporary file tersimpan di dalam iPhone. Jika kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan performa dari iPhone menurun. Bahkan bisa membuat smartphone menjadi error. Oleh sebab itu, pengguna iPhone harus bisa mengatur agar media penyimpanannya tidak penuh. Caranya adalah dengan membersihkan data atau aplikasi yang tidak lagi digunakan, bisa dengan menghapus aplikasi lama, menghapus gambar, menghapus musik lama atau menghapus video yang sudah tidak terpakai lagi.

Untuk mengetahui data apa saja yang banyak memakan ruang penyimpanan, iPhone dengan iOS 7 memberi kemudahan cara. Yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Masuk ke Setting – > General – > Usage

2. Maka akan muncul Manage Storage. Dari Manage Storage kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal dalam iPhone. Daftar tersebut diurutkan berdasarkan seberapa besar aplikasi memakan ruang penyimpanan. Bila ingin menghapus cache, maka kamu harus membuka salah satu aplikasi. Kemudian tekan Delete atau tekan Edit -> Delete All.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara untuk melapangkan media penyimpanan iPhone. Adapun cara-cara tersebut yaitu :
1. Melakukan Force Restart
Cara ini sering disebut dengan cold reset. Gunanya untuk membantu menghapus temporary file dan cache. Cara menjalankan force restart dengan menekan dan menahan tombol power dan home beberapa saat sampai muncul logo Apple. Sebaiknya force restart ini dilakukan setiap minggu sekali.

2. Menghapus Cache Lewat Aplikasi
Untuk menghapus chache lewat aplikasi bisa dilakukan lewat Setting. Sebagai contoh Tweetbot, caranya buka Settings, kemudian tekan salah satu akun. Lalu, tekan Reset Account Cache.

3. Lakukan Reset
Cara ini akan menghapus semua cache dan membuat iPhone kembali cepat. Namun sebelum melakukan reset, lakukan backup melalui iTunes atau iCloud. Kemudian buka Settings -> General -> Reset -> Erase All Content and Settings -> Erese iPhone. Bila proses reset selesai, install aplikasi yang dibutuhkan dan lakukan sinkronisasi dengan iTunes.

4. Install Aplikasi
Ada sejumlah aplikasi yang membantu kita mengatur ruang penyimpanan di iPhone. Di antaranya yaitu PhoneExpander, PhoneClean, iFunBox, iMazing dan Decipher Phone Cleaner.

5. Reinstall Aplikasi
Cara ini akan membuat media penyimpanan kamu menjadi lapang. Tapi sebelum melakukannya, kamu harus memastikan data sudah di-backup terlebih dahulu. Caranya dengan langkah-langkah berikut ini :
-. Tekan dan tahan ikon aplikasi pada layar Home. Setelah ikon bergoyang, tekan tombol X yang berada di pojok kiri atas ikon untuk menghapus aplikasi.
-. Buka App Store dan masuk ke bagian Purchased. Kamu bisa mendownload ulang aplikasi yang sebelumnya telah terinstal, baik yang gratis maupun berbayar.

6. Nonaktikan Fitur iOS
Dengan menonaktifkan sejumlah fitur di iOS maka ruang penyimpananya bisa menjadi lapang.

 

Top