Router Multi User Pertama di Dunia Sambangi Indonesia

Akhirnya EA8500 Router MU-MIMO Pertama di Dunia Masuk Indonesia – Perangkat WiFi router memang sudah bukan hardware yang asing lagi untuk dunia koneksi internet.  Kali ini Linksys secara resmi telah meluncurkan perangkat WiFi tersebut bernama Max-Stream AC2600 MU-MIMO Gigabit. Router ini di Indonesia dikenal dengan nama EA8500.

akhirnya-ea8500-router-mu-mimo-pertama-di-dunia-masuk-indonesia

Perangkat router ini bukanlah WiFi router biasa. EA8500 merupakan WiFi router pertama di dunia yang telah mendukung teknologi jaringan Multi User atau yang sering disebut dengan Multi Input Multi Outpun MU-MIMO.

Sebagai perangkat router MU-MIMO pertama di dunia, tentu saja Linksys merupakan perusahaan pertama yang turut merilis produk tercanggih ini di Indonesia. Perangkat yang pertama kali yang menyambangi negeri ini dengan membawakan teknologi canggih, sehingga kehadirannya akan semakin mendukung infrastruktur kebutuhan konektivitas jaringan internet di seluruh Nusantara.

Bersadarkan kutipan yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Sabtu (28/11/2015), “Linksys menjadi brand pertama yang merilis WiFi MU-MIMO di Indonesia,” ujar Jaimohan Thampi selaku Head of Networking BU, International Markets for Linksys.

Lalu, sebenarnya teknologi seperti apakah MU-MIMO tersebut?

Nah, teknologi MU-MIMO ini merupakan sebuah terobosan baru yang dikembangkan oleh perusahaan Qualcomm yang dirancang sebagai teknologi jaringan pada generasi masa depan.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, nantinya router akan sanggup melakukan komunikasi dengan beberapa perangkat sekaligus dalam waktu yang bersamaan, sesuai dengan namanya multi user. Tentu saja untuk kecepatan juga akan lebih stabil dibandingkan dengan router biasa. Kemudian untuk kecepatan koneksi internet yang dikirimkan ke beberapa perangkat user tersebut akan disama ratakan.

Perbedaan teknologi pada router MU-MIMO dengan router biasa adalah, apabila router biasa yang ada saat ini hanya memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan satu user saja dalam satu waktu.

Sedangkan untuk kebutuhan jaringan di dunia, sebuah router butuh melakukan komunikasi dengan beberapa perangkat selakigus terhitung hanya dalam waktu milidetik. Tentu saja apabila masih menggunakan router biasa, hal ini akan sangat tidak efisien. Thampi menambahkan.

Selain itu, Linksys telah dilengkapi dengan teknologi Qualcomm MU EF MU-MIMO. Dengan teknologi tersebut, perangkat AE8500 akan bekerja 3 kali lebih cepat dibanding dengan teknologi WiFi yang ada saat ini.

Router EA8500 ini telah siap jual di beberapa tempat di Indonesia, dan dilego dengan harga Rp 4,8 juta. Baca juga Xiaomi Siapkan Perangkat Anyar Berprosesor 10 Core dan Nvidia Segera Luncurkan Tablet Gaming Terbaru Seri Shield X1

Top