Raspberry Pi Zero, Komputer Mini dengan Harga Rp 68 Ribu

Raspberry Pi Zero didesain untuk keperluan koding anak dengan harga murah – Kemarin, Kamis 26 November 2015 perusahaan yang berasal dari inggris bernama Raspberry Pi Foundation resmi memperkenalkan produk terbarunya komputer mini Raspberry Pi Zero. Berbeda dengan jenis komputer lainnya, komputer mini ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Cukup membayar dengan harga 5 dollar AS saja atau setara dengan Rp 68 ribu bisa mendapatkan sebuah komputer mini.

Raspberry Pi Zero didesain untuk keperluan koding anak dengan harga murah

Dilansir KompasTekno, Jumat (27/11/2015) dari TheNextWeb, walau dipatok dengan harga yang murah, jangan buru-buru memandang sebelah mata si kecil cabai rawit ini. Dibandingkan “Model A+” yang dirilis pada tahun lalu, ukuran Pi Zero memang setengah kali lipat lebih mungil. Tetapi kemampuan yang dimilikinya bisa diadu bahkan bisa dikatakan Pi Zero mempunyai kemampuan dua kali lipatnya. Cukup Rp 68 ribu, pengguna bisa mendapatkan prosesor aplikasi BroadCom BCM2835. Kecepatan yang dihasilkannya bisa mencapai 40 persen lebih kencang dibandingkan dengan Raspberry Pi 1. Prosesor tersebur setara dengan RAM 512 MB.

Komputer mini ini juga biasa disebut dengan mikro-komputer. Dilengkapi dengan slot kartu micro SD, soket Mini-HDMI yang digunakan untuk output video beresolusi Full HD dengan bingkai 60 per detik serta Micro-USB yang berfungsi untuk transfer data.

Raspberry Pi Zero memiliki ukuran 65 mm x 30 mm dengan ketebalan 5 mm. Ukurannya yang sangat kecil ini membuat komputer ini bisa fleksibel di tempatkan dimana saja, bahkan bisa juga simpan ke dalam saku baju.

Komputer mini ini didesain untuk keperluan coding bagi anak-anak dan merupakan salah satu proyek amal Raspberry Pi. Visinya adalah memangkas halangan bagi siapa saja yang berkeinginan memiliki komputer pemrograman. Seperti yang kita ketahui bahwa coding telah ditetapkan sebagai kurikulum nasional yang mengharuskan untuk diajarkan kepada anak-anak di sekolah-sekolah di inggris. Selain itu coding juga dapat dijadikan sebagai investasi masa depan. Jadi, siapapun bisa belajar tentang pemograman dan pengoprekan elektronik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Untuk mendapatkannya, Raspberry Pi Zero tersedia di beberapa pengecer di Inggris dan juga di Amerika Serikat.

 

Top