Qualcomm Resmi Kenalkan Chip Snapdragon 820

Qualcomm Snapdragon 820 Resmi Diluncurkan – Qualcomm akhirnya meluncurkan chipset generasi terbarunya, yakni Snapdragon 820. Peluncuran chipset flagship tersebut dilakukan di sebuah acara yang digelar di New York City. Chipset Snapdragon 820 diklaim akan memberikan peningkatan performa secara siginifikan, konsumsi daya yang lebih efisien, dan diharapkan bebas dari masalah panas berlebih atau overheat seperti yang sering terjadi pada chipset generasi sebelumnya.

qualcomm-snapdragon-820-resmi-diluncurkan

Chipset Qualcomm Snapdragon 820 sendiri mengusung prosesor Quad-core Kyro 64-bit dengan kecepatan maksimal 2.2 GHz serta didukung pengolah grafis dari Adreno 530. Prosesor Kyro ini adalah prosesor 64-bit custom yang dikembangkan sendiri oleh Qualcomm dan kompatibel dengan ARMv8 yang menawarkan kinerja 35% lebih cepat.

Sedangkan spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 dari sisi grafis, ipersenjatai dengan grafis dari Adreno 530 GPU (Graphics Processing Unit) yang diklaim menawarkan 40 persen peningkatan kinerja dengan konsumsi daya 30 persen lebih hemat. Grafis yang dihasilkan oleh chipset generasi baru ini telah mendukung API Vulcan dan OpenGL 3.1. Qualcomm juga telah menyiapkan Adreno 510 untuk chipset kelas menengah, yakni Snapdragon 620 dan Snapdragon 618 di masa mendatang.

Selain menjanjikan performa yang lebih tangguh serta konsumsi daya yang efisien, kelebihan lain yang ditawarkan oleh Qualcomm Snapdragon 820 ini adalah proses produksinya yang dilakukan dengan teknologi manufaktur 14nm FinFET, sehingga diklaim lebih efisien dalam hal konsumsi daya. Tak hanya itu, proses produksi yang lebih maju membuat Snapdragon 820 bekerja lebih dingin dari Snapdragon 810, sehingga jauh dari ancaman overheat. Seperti kita tahu, chipset generasi Snapdragon 810 memang sempat dikritik karena terlalu cepat panas.

Qualcomm memang melakukan banyak upgrade untuk Snapdragon 820. Salah satunya adalah penggunaan ISP (Image Signal Processing) versi baru yang disebut dengan Spectra. ISP baru ini diklaim mampu menangani piksel kamera kecil dengan lebih baik dan mendukung hybrid autofokus. Snapdragon 820 ini telah mendukung memori RAM dual-channel LPDDR4 yang mampu meningkatkan bandwidth secara signifikan. Tak hanya itu, penerus Snapdragon 810 ini mendukung kamera hingga resolusi 28 MP.

Meski sudah resmi diluncurkan, namun hingga kini belum ada vendor smartphone yang mengumumkan akan menggunakan chipset generasi baru tersebut. Diprediksi, deretan smartphone kelas atas yang akan melenggang ke pasar gadget tahun depan akan menjadi pengusung chipset Snapdragon 820. Baca juga Android Marshmallow, Sedikan Fitur Mode “Do Not Distrub” dan Ponsel Terbaru Samsung Bawakan Tampilan Fisik Mirip iPhone 7.

Top