Philips Luncurkan Smartphone Anti Cahaya Biru

Philips Rilis Smartphone Berlayar ‘Friendly’  – Pernahkah kawan Begawei ketika sedang tidur terganggu gara-gara paparan cahaya layar smartphone yang berjarak dari dekat? Cahaya dari layar yang biasanya mengganggu penglihatan disebut juga dengan cahaya biru, dimana cahaya biru dikeluhkan oleh banyak pengguna sebagai pengganggu utama untuk sebuah ponsel pintar, secanggih apapun spesifikasi layar ponsel tersebut.

Philips Luncurkan Smartphone Anti Cahaya Biru

Hal tersebut lantas diperkuat dengan jajak pendapat yang diinisiasi oleh National Sleep Foundation, pada tahun 2014 yang dikutip dari harian Washington Post yang menyatakan jika paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh layar produk elektronik berpotensi mengganggu waktu tidur pengguna, terutama para remaja yang membutuhkan waktu tidur berkualitas.

Lalu dari jajak pendapat tersebut diperoleh hasil jika  responden yang berupa remaja usia 6 sampai 17 tahun di AS, mengaku mereka bisa tidur dengan nyenyak saat perangkat elektronik mereka mati. Hasil sebaliknya juga mengungkapkan saat terus terpapar cahaya biru akan emmbuat waktu tidur menjadi tak berkualitas.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, perusahaan elektronik ternama dari Belanda, Philips, merilis dua buah flagship terbarunya yang disebut-sebut memiliki teknologi anti cahaya biru. Dua flagship terbaru Philips tersebut adalah Sapphire S616 dan Sapphire Life V787. Tetapi mengenai spesifikasi lebih dalam dari kedua smartphone ini belum dapat diketahui secara pasti, namun salah satu yang bakal menjadi andalan dari smartphone Philips adalah fitur anti cahaya biru.

Dari informasi yang beredar, terungkap jika kedua smartphone ini akan memiliki kinerja berupa pengurangan cahaya biru sampai 86 persen dari total yang dipancarkan layar. Fitur canggih tersebut dikembangkan sendiri oleh Philips selama beberapa tahun dengan nama teknologi SoftBlue. Sebenarnya teknologi serupa juga sudah dikembangkan oleh beberapa produsen teknologi, namun sejauh ini teknologi tersebut baru diterapkan pada layar monitor, bukan pada layar smartphone. Sehingga bukan tidak mungkin teknologi yang dikembangkan Philips akan mampu mendorong eksosistem perangkat smartphone yang mengaplikasikan fitur serupa di masa mendatang.

Sayangnya belum ada info resmi mengenai apakah Sapphire S616 dan Sapphire Life V787 juga dipasarkan untuk Indonesia, namun dari berbagai sumber yang Begawei dapatkan menyatakan jika kedua smartphone tersebut hanya akan dijual di Tiongkok. Baca juga Boost Mobile Hadirkan Smartphone 4G LTE Murah seri Huawei Union dan Pendapatan Samsung Bertengger di Atas Angin, Kalahkan Apple.

Top