Penjualan Meningkat Pesat, Samsung Tetap Bersikeras PHK Karyawan

Sepertiga Karyawan Samsung Terancam Dipecat – Meski saat ini Samsung sudah menemukan kembali momentum sebagai raja smartphone, dengan penjualannya yang sanggup melesat di nomor satu. Hal tersebut tampaknya tidak cukup berpengaruh terhadap kelangsungan karyawan Samsung di perusahaan terkemuka tersebut, pasalnya Samsung bersikeras untuk tetap menerapkan kebijakan pengurangan karyawan demi penghematan anggaran perusahaan.

Penjualan Meningkat Pesat, Samsung Tetap Bersikeras PHK Karyawan

Seperti yang dilansir dari KompasTekno, hari Senin (2/11), petinggi Samsung Electronics mengungkapkan jika saat ini yang menjadi prioritas utama perusahaan adalah memangkas pengeluaran serta memberhentikan sejumlah karyawan yang dinilai perusahaan memiliki kinerja yang tak maksimal dan performa yang tidak terlalu spesial.

Karyawan yang akan diberhentikan Samsung diminta untuk mengundurkan diri, atau mungkin Samsung akan menawarkan program pensiun dini untuk karyawan dengan prestasi yang biasa saja. Seperti yang dikutip dari Korea Times, karyawan yang masuk dalam nominasi karyawa ’buangan’ Samsung adalah karyawan yang bekerja di divisi keuangan, human resource, atau marketing.

Tidak tanggung-tanggung, menurut pengamat industri, mengatakan jika Samsung Electronics langsung memberhentikan karyawan dalam jumlah yang relatif besar, dimana pengamat menyatakan jika karyawan yang terancam pensiun dini di Samsung bisa mencapai sepertiga atau sekitar 30 persen dari jumlah total keseluruhan karyawan yang bekerja di perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

“Karyawan yang kurang perform dan manajer dengan usia di atas 50 tahun yang tidak mendapat promosi menjadi target utama program penisun dini,” demikian ujar juru bicara Samsung.

Selain inti perusahaan Samsung Electronics, anak perusahaan Samsung lainnya yang juga siap untuk mengambi langkah serupa adalah Samsung SDI yang memproduksi komponen baterai dan Samsung Electro-Mechanics yang memproduksi komponen elektronik untuk perangkat.

Kemudian Samsung juga direncanakan segera mengumumkan perubahan komposisi karyawannya mulai dari tingkat menengah hingga tingkat eksekutif, dimulai pada minggu pertama bulan Desember 2015. Dari rumor yang beredar, juga akan ada banyak kepala divisi yang berumur tua yang bakal digeser oleh karyawan berusia muda yang dinilai lebih inovatif dan kreatif, dimana visi ini menyesuaikan visi Vice Chairman Samsung, Lee Jae-yong yang menginginkan Samsung diisi oleh anak-anak muda yang berkompeten. Baca juga Facebook Patenkan Aturan, Karyawan Wajib Pakai Android dan Pendapatan Samsung Bertengger di Atas Angin, Kalahkan Apple.

Top