Mozilla Firefox Rela Kehilangan Jutaan Dollar

Mozilla Firefox Putuskan untuk Tidak Menggantungkan Pendapatan pada Google – Siapa yang tak tahu Firefox, sebuah browser yang telah lama digunakan oleh pengguna internet. Nah, kali ini rupanya Firefox telah memutuskan untuk tidak bergantung lagi pada Google. Pihaknya mengaku baik-baik saja kehilangan kucuran dana beberapa juta dollar.

mozilla-firefox-putuskan-untuk-tidak-menggantungkan-pendapatan-pada-google

Langkah tersebut, diambil Mozilla dengan cara mengajukan kesepakatan. Kesepakatan tersebut berisi tentang plot-plot perwilayah regional bersama dari beberapa mesin pencari yang ada. Pembagian wilayah yang dilakukan antara lain yaitu Amerika Serikat yang khusus menggunakan Yahoo!, untuk regional China menggunakan Baidu dan Rusia menggunakan Yandex.

Kesepakatan yang dilakukan bersama browser lain tersebut dirasa cukup baik oleh pihak Mozilla sendiri. Bahkan pihaknya juga semakin yakin akan membawa pendapatan yang lebih besar atas kerja sama yang disepakati tersebut.

Setelah berjalan selama bertahun-tahun Google menjadi pengucur dana bagi Mozilla yang dijadikan sebagai mesin  pencari dengan website Google yang terpasang secara otomatis. Tepatnya sejak tahun 2014 lalu, terjalin kesepakatan antara kedua pihak tersebut menghasilkan sumbangan dana sebesar US$330 juta atau setara dengan Rp4,4 triliun. Kini Mozilla Firefox dengan resmi mengakhiri hubungan kerja sama tersebut.

Kali ini, Mozille merelakan sumbangan dana tersebut. Dengan kata lain Mozilla sudah tidak lagi menerima pendapatan dari seluruh penggunaan atas Google. Hal tersebut tetap diberlakukan meski kini Google masih menjadi pencarian otomatis yang telah terpasang di Firefox bagi pengguna di Eropa.

Bahkan Mozille Chief Business dan Legal Officer, Denelle Dixon-Thayer mengatakan dalam kutipan tekno.tempo, Sabtu (28/11/2015),”Kami tidak punya hubungan komersial dengan Google saat ini,”

Dengan pernyataan tersebut sudah sangat jelas bahwa Mozilla kini benar-benar berjalan sendiri tanpa adanya pendanaan dari Google lagi. Sehingga apabila saat pengguna mengakses browser Mozilla tidak ada lagi website Google yang terakses otomatis.

Bagi pihak Mozilla, kerja sama baru yang disepakati tersebut memiliki pilihan yang lebih banyak bagi pengguna untuk mendapatkan layanan informasi secara online. Sehingga Mozilla menilai pihaknya akan lebih berkomitmen mengembangkan fitur-fitur yang ada pda browser miliknya tersebut. Baca juga Mozilla Putus Kerjasama dengan Google dan Li-Fi hadir sebagai pengganti Wi-Fi dengan kecepatan 100 kali lebih cepat

 

 

Top