Meski Jualan Smartphone Lesu, PlayStation 4 Sony Masih Laris

Sony PlayStation 4 Terjual 30 Juta Unit Hanya Dalam 2 Tahun –  Sampai pada periode bulan maret 2015 kemarin, Sony masih anteng terhadap penjualan PlayStation 4 yang berhasil membukukan angka pendapatan yang cukup fantastis. Bagaimana tidak? Sampai bulan Maret, Sony telah berhasil menjual PlayStation 4 sebanyak 20,2 juta unit. Total, hanya butuh waktu 8 bulan bagi Sony untuk menjual PlayStation 4 sebanyak 8 juta unit. Secara kalkulasi, penjualan Sony PlayStation 4 sejak dua tahun dirilis ke pasaran, sudah berhasil membukukan penjualan sampai 30,2 juta unit. Sebagai catatan PlayStation 4 pertama kali diluncurkan adalah pada bulan November 2013.

Meski Jualan Smartphone Lesu, PlayStation 4 Sony Masih Laris

Angka yang berhasil Sony himpun adalah angka penjualan yang mencakup total penjualan global di sebanyak 124 negara, sebagaimana dilansir dari Engadget. Lalu jika dirata-ratakan setiap bulan, PlayStation 4 berhasil terjual hingga 1,25 juta unit. Sebuah prestasi yang tampaknya akan sulit ditandingi oleh produsen konsol game lainnya.

Penjualan PlayStation 4 yang gemilang tentunya bisa menjadi obat kekecewaan bagi Sony. Pasalnya saat ini bisnis smartphone Sony tengah limbung. Smartphone Sony kurang bertaji di pasar smartphone global dengan ketidakberdayaan menghadapi gempuran vendor smartphone lainnya.

Tapi meskipun berhasil mencatatkan angka penjualan yang fantastis, kenyataannya bisnis konsol game Sony juga sedang mengalami tekanan yang besar. Sebagaimana PlayStation 4 sampai saat ini terus dibuntuti oleh rival terkuatnya yaitu Microsoft Xbox One. Puncaknya pada bulan Oktober 2015, penjualan Xbox One sempat merajai pasar mengalahkan PlayStation 4 sekaligus menjadikannya sebagai konsol game dengan penjualan terbaik pada bulan lalu.

Saat ini manuver bisnis yang dilakukan Microsoft juga terbilang agresif. Dimana berniat menandingi PlayStation 4, Xbox One menggelar promosi gila-gilaan bertajuk ‘Black Friday’ di Amerika Serikat, dengan penawaran menarik yaitu Xbox One dijual dengan bundling berupa paket game menarik berharga ekonomis. Sayangnya promo ini hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Strategi tersebut secara langsung berimbas pada penjualan PlayStation 4, khususnya untuk pasar Amerika Serikat. Meskipun Microsoft sampai detik ini tidak pernah mengumbar total angka penjualan Xbox One sejak dirilis dua tahun silam layaknya Sony yang rutin mengumbar angka penjualan. Baca juga Fujitsu Perkenalkan Software Penyimpan Data Secara Digital dan Fitur Baru Instagram Bisa Membuka Lebih dari Satu Akun.

Top