Membahayakan Charger, Kabel USB One Plus Tawarkan Refund

One Plus Tawarkan Refund Terhadap USB Type-C yang Dibeli Terpisah – OnePlus dikabarkan memberi penawaran pengembalian uang (refund) untuk pembelian kabel UST Type-C. Penawaran diberikan oleh vendor asal China ini setelah mendapat kritik keras dari pihak teknisi Google.

one-plus-tawarkan-refund-terhadap-usb-type-c-yang-dibeli-terpisah

Kritikan yang disampaikan oleh teknisi Google Benson Leung beberapa waktu yang lalu, berkaitan dengan kabel USB-C yang dijual oleh OnePlus. Menurutnya, kabel USB buatan OnePlus ini bisa menimbulkan resiko kerusakan pada charger pengguna atau HUB USB pada PC. Mengapa?

Tepat satu minggu setelah menerima kritikan tersebut, OnePlus akhirnya mulai buka suara. Melalui forum resminya, Co-Founder OnePlus, Carl Pei mengungkapkan bahwa kemungkinan terbesar kabel USB-C tersebut tidak cocok dengan perangkat dari pihak pembeli, maksudnya pihak pembeli yang menggunakannya untuk terhubung dengan perangkat selalin produk OnePlus, seperti contohnya Chromebook Pixel, Nexus 6P dan juga Nexus 5X.

Berdasarkan rangkuman The Verge yang dikutip dari halaman Kompas Tekno, Sabtu (28/11/2015) Carl mengaku, bahwa masalah tersebut disebabkan oleh adanya resistor pada kabel. OnePlus memang menerapkan resistor 10k ohm. Padahal seharusnya untuk standar USB Type-C adalah 56k ohm.

Kemudian Carl menambahkan, masalah juga terdapat pada kabel dan adapter biasa yang didesain untuk daya maksimum sebesar 2 ampere, namun resistor akan mengizinkan perangkat yang memiliki fitur fast charging untuk mengambil daya yang lebih besar dari daya standarnya.

Hal inilah yang menjadi penyebab kerusakan pada sumber daya perangkat lain seperti charger dari perangkat selain produk OnePlus, port USB dan perangkat lainnya yang tidak memiliki mekanisme internal secara mandiri dalam mengatur jumlah daya yang masuk untuk disesuaikan dengan standar maksimal dari perangkat tersebut.

Meskipun begitu, untuk produk OnePlus sendiri, USB-C tersebut dinilai aman. Oleh sebab itu, refund hanya berlaku bagi pengguna yang membeli USB Type-C OnePlus secara terpisah.

Refund tersebut mulai diberlakukan sejak kemarin Jumat tanggal 27 November 2015 hingga akhir tahun tepatnya tanggal 31 Desember 2015. Melebihi tanggal tersebut, refund dinyatakan tidak berlaku.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kesalahan yang sama pihak OnePlus tengah mengembangkan kabel USB Type-C dengan adapter resistor sebesar 56k ohm. Baca juga Chip yang ditanam di tubuh ini bisa menggantikan fungsi dari sejumlah alat dan Ilmuwan Biomimetics Kembangkan Keyboard Karet yang Lentur dan Bisa Memantul

Top