Kini Bateri Ponsel Menjadi Lebih Hemat, Ini Dia Solusinya!

Layar Pintar Solusi Untuk Baterai Ponsel Lebih Hemat – Salah satu permasalah yang terjadi pada sebagian besar ponsel pintar adalah konsumsi daya baterai yang amat boros. Hal ini disebabkan oleh adanya kualitas dari Komponen-komponen yang dibekalkan, misalnya saja kualitas teknologi layar, kualitas performa pada dapur pacu , kemudian konektivitas internet yang hampir tak pernah putus. Sehingga baterai akan terus tersedot dengan cepat. Namun, kali ini telah hadir sebuah solusi terbaru yang akan mengatasai permasalahan baterai ponsel yang boros tersebut.

layar-pintar-solusi-untuk-baterai-ponsel-lebih-hemat

Untuk mengatasi keborosan baterai tersebut, Boddle Technologies, anak dari perusahaan Oxford University telah berhasil menciptakan sebuah teknologi berjenis layar pintar atau smart-screen, sebagaimana laporan dari Digital Trends seperti yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Senin (30/11/2015).

Teknologi layar pintar tersebut, rupanya bekerja dengan menggunakan Phase-change material (PCM) yang dalam pengoperasiannya nyaris tak menggunakan daya sedikitpun. Meskipun begitu, layar akan tetap menyajikan tampilan yang tajam dan cerah, bahkan pada saat berada langsung di bawah sinar matahari.

Hal tersebut disebabkan karena PCM terbuat dari bahan yang pada waktu tertentu akan meyerap energi kemudian menyimpannya lalu energi tersebut dikeluarkan pada saat tertentu. Dengan adanya dua kemampuan yang dimiliki itu, PCM dapat mengolah energi yang dibtuhkan oleh layar. Sehingga nantinya, layar dengan PCM ini tidak akan menyerap energi dari ponsel secara berlebihan.

Bahkan Hosseini yang merupakan pendiri Boddle Technologies tersebut mengatakan bahwa  kemungkinan besar layar ini akan sangat dibutuhkan oleh para vendor perangkat pintar.

“Kau harus mengisi daya smartwatch tiap malam. Dengan layar pintar, kau cukup mengisi daya seminggu sekali, ia menuturkan,” seperti dilansir dari sumber yang sama.

Hingga sejauh ini, layar tengah berada pada serangkaian proses pengujian. Namun pihak Boddle Technologies mengatakan bahwa layar ini akan segera dipasarkan secara komersial, meskipun untuk waktunya masih belum jelas.

Selain sebagai layar dari perangkat gadget pintar, perancangan dari PCM ini juga bisa digunakan sebagai jendela pintar atau smart windows. Dengan mengusung kemampuan daya serap energi tersebut serta proses adaptasi yang cukup tinggi jendela akan bisa menyimpan suhu dingin ruangan. Sehingga penggunaan listrik akan lebih hem,at karena AC tidak harus menyala setiap saat. Baca juga One Plus Tawarkan Refund Terhadap USB Type-C yang Dibeli Terpisah dan Gionee Marathon M5, Smartphone China dengan Baterai Kembar Dua

 

 

Top