Kehadiran iPad Pro, Awal Berakhirnya Era Komputer Pribadi

CEO Apple Sebut iPad Pro Adalah Pengganti PC – Menurut CEO Apple, Tim Cook, kehadiran tablet terbaru besutan Apple yakni iPad Pro adalah tonggak awal berakhirnya era komputer pribadi atau PC. Dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph, Cook juga mengungkapkan jika peluncuran perangkat canggih tersebut akan membuka paradigma baru di dunia teknologi.

Kehadiran iPad Pro, Awal Berakhirnya Era Komputer Pribadi

“Mengapa Anda membeli PC lagi?” ujar Cook, dikutip dari TeknoTempo, hari Kamis (12/11) jelang peluncuran iPad Pro.

Saat ini sendiri diketahui jika Cook tengah berada di Inggris, guna mengisi acara perilisan tablet anyar Apple yaitu iPad Pro 12,9 inci yang telah didukung dengan keyboard serta pensil canggih buatan Apple. Apple iPad Pro sendiri dijual mulai hari Rabu 11 November kemarin di situs resmi Apple, menyusul kemudian toko atau gerai Apple, retailer, hingga ke beberapa operator nirkabel mulai pekan ini di lebih dari 50 negara yang menjadi pasarnya.

Selain memprediksi era PC segera berakhir, Cook juga dengan lantang mengungkapkan jika kehadiran iPad Pro tidak ditakdirkan untuk pendamping atau pelengkap PC saja, melainkan juga sebagai pengganti PC yang paling sepadan.

“iPad Pro adalah pengganti untuk notebook atau desktop bagi banyak, banyak orang,” katanya kepada The Telegraph. “Mereka akan mulai menggunakannya dan menyimpulkan tidak lagi perlu menggunakan apa-apa lagi, selain ponsel mereka”, imbuhnya lagi.

Kedatangan iPad Pro memang ditujukan oleh Apple untuk menuju era baru produksi tablet saat pangsa pasar tablet Apple menurun beberapa waktu terakhir. Lalu yang banyak menjadi pertanyaan adalah jika kehadiran iPad Pro untuk menggantikan peran PC, lantas bagaimana dengan kelangsungan desktop iMac, laptop MacBook Apple, serta jajaran produk Apple lainnya?

Menanggapai hal tersebut, Cook mengaku tidak khawatir, sebab tradisi Apple telah mengungkapkan jika proses merebut pangsa pasar varian lain sudah biasa terjadi, dengan Cook memberi contoh iPhone 6 Plus dengan layar lapangnya 5,5 inci merebut pangsa pasar iPad Mini 8 inci.

“iPhone 6S Plus jelas menciptakan beberapa kanibalisasi—yang kami tahu akan terjadi—tetapi kami tidak benar-benar menghabiskan waktu mengkhawatirkan hal itu,” katanya. Bahkan, ia juga bergurau, “Selama kami mengkanibal (diri sendiri), itu baik-baik saja”, pungkasnya. Baca juga Banyak Dikritik, Penjualan Apple Watch Justru Melambung dan EziSmart Smartphone Khusus untuk Orang Tua.

Top