Ini Dia Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Pemakaian Data yang Berlebihan Menyebabkan Kuota Internet Cepat Habis – Kuota internet bagi sebagian orang tentu tidak asing lagi, bahkan sudah menjadi kebutuhan utama bagi yang hobi berselancar di dunia maya. Bahkan kehabisan kuota internet bisa lebih menakutkan dibandingkan dengan kehabisan isi dompet. Ketika kuota habis, komunikasi akan terputus. Kamu tidak bisa menikmati youtube, game online, musik streaming, tidak bisa mengirimkan bbm dan whatsapp, bermain instagram, bermain blog dan lainnya.

Pemakaian data yang berlebihan menyebabkan kuota internet cepat habis

Saat ini banyak penyedia layanan yang sudah menyediakan paket internet unlimited. Dengan paket internet unlimited bukan berarti kamu bisa memakai secara terus menerus tanpa kehabisan, paket ini juga mempunyai keterbatasan kuota. Ketika kuota mencapai penggunaan maksimal, koneksi akan menjadi sangat lambat bahkan tidak bisa terkoneksi.

Pemakaian kuota internet yang tidak direncanakan akan membuat kuota menjadi cepat habis, untuk itu sebaiknya perhatikan apa yang menjadi penyebab kuota internet menjadi cepat habis. Berikut ini ada 5 hal yang membuat kuota internet menjadi cepat habis yaitu :

1. Mengunggah video ke Youtube

Mengunggah video ke youtube memang memakan kuota yang besar. Tetapi hal ini tergantung dari kualitas video yang diunggah. Kalau kualitas video beresolusi HD yang diunggah bisa menghabiskan kuota hampir 200 Mb per menit. Sebaiknya pertimbangkan penting tidaknya dan kualitas dari video yang diunggah. Apabila kualitasnya besar sebaiknya gunakan koneksi WiFi.

2. Obrolan video

Menggunakan layanan obrolan video online seperti skype atau facetime saat ini sudah umum dilakukan banyak orang. Dengan menggunakan layanan tersebut, kamu bisa bertatap muka layaknya orang berbicara langsung walaupun dengan jarak yang jauh. Tetapi ini membuat kuota internet yang kamu miliki akan cepat habis. Hampir 3 Mb setiap menitnya kuota akan habis untuk obrolan online. Jadi kurangi menggunakan obrolan online, agar kuota tidak cepat habis.

3. Online game

Banyak game online yang tidak memakan kuota internet seperti game Two Dots atau Words With Friend yang hanya menghabiskan beberapa Kb saja per menit. Tetapi beda dengan jenis game real-time action seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5 yang membutuhkan hampir 1 Mb data per menit. Semakin lama permainan itu dimainkan maka kuota yang digunakan akan semakin banyak. Jadi pilihlah game online yang sekiranya tidak menghabiskan kuota.

4. Streaming musik

Dengan streaming musik kamu memang tidak perlu menyimpan file musik ke dalam ponsel kamu, tetapi bisa membuat kuota internet ceoat habis. Apalagi dilakukan setiap hari dan berkali-kali. Kalau kamu memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, kuota yang dihabiskan 2,4 Mb per menitnya dan selama satu jam kamu bisa menghabiskan 115 Mb.

5. Streaming video

Streaming video bisa mempermudah orang menemukan berbagai trailer film, atau hanya sekedar video klip dari penyanyi favorit kamu. Tapi di sisi lain, kuota yang digunakan cukup besar, hampir 50 Mb per menit habis digunakan untuk menonton video. Apalagi kamu yang terbiasa menonton video tersebut secara berulang-ulang. Sebaiknya simpan file video secara offline, agar kuota tidak cepat habis.

Top