Google Maps Optimalkan Layanan Navigasi Offline untuk Android

Google Maps Tingkatkan Operasional Navigasi Offline – Saat ini Google Maps adalah salah satu layanan navigasi paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat. Hal ini disebabkan karena Google Maps memberikan dukungan dan layanan yang lebih beragam untuk pengguna, meskipun belakangan Google Maps banyak dikritik karena belum bersedia memberikan layanan navigasi offline.

Google Maps Optimalkan Layanan Navigasi Offline untuk Android

Setelah banyak dikritik dan diprotes oleh penggunanya, Google Maps langsung merilis layanan navigasi offline dan kini dikabarkan jika Google Maps sudah memperbarui layanannya dengan beragam update baru di aplikasi Maps pada perangkat pengguna. Dengan beragam pembaruan tersebut, Google mengklaim telah mengoptimalkan layanan navigasi secara offline pada aplikasi Maps.

Update pertama kali tersedia untuk perangkat ber-OS Android dan tidak lama lagi kemungkinan perangkat ber-OS iOS juga segera menyusul. Layanan navigasi offline untuk Google Maps sendiri bertolak belakang dengan layanan Nokia Here yang seratus persen memanfaatkan peta secara offline, dimana untuk Google Maps hanya mengandalkan sebagian peta yang telah diunduh oleh pengguna sebelumnya. Selain itu, Google Maps juga hanya mengunduh lokasi wilayah yang paling dekat dengan wilayah pengguna, sehingga hal tersebut mermungkinkan Google Maps tidak akan banyak memakan kapasitas memori pada perangkat pengguna.

Seperti dilansir dari laman Phone Arena, pada hari Rabu (11/11), yang mengungkapkan jika secara sistematis aplikasi Maps pada perangkat akan memperbarui database peta digital dalam kurun waktu setiap 15 hari sekali, serta update bakal dilakukan ketika perangkat terhubung dengan soket pengisi daya atau jaringan WiFi saja.

Istimewanya pada layanan Google Maps, selain pengguna bisa melakukan fitur navigasi secara offline, aplikasi tersebut juga bisa menghadirkan pencarian secara offline. Dengan turut menyediakan bermacam informasi menarik yang masih memungkinkan untuk dinikmati secara leluasa oleh pengguna, seperti informasi mengenai jam operasional sebuah toko, kontak, serta peringkat bintang yang juga tersedia meski saat itu pengguna hanya melakukan pencarian secara offline.

Dengan adanya layanan Google Maps yang berjalan offline, kini tampaknya pengguna tidak perlu lagi khawatir tersesat saat koneksi internetnya terputus. Meskipun sampai saat ini sendiri layanan offline Google Maps masih dalam tahap penyempurnaan. Baca juga Fitur Terbaru Google Maps iOS Mampu Beritahu Kemacetan dan Google Maps Hadirkan Navigasi Sederhana Namun Fungsional pada Apple Watch.

Top