Google dan Mozilla Resmi ‘Cerai’

Mozilla Putus Kerjasama dengan Google – Akhirnya secara resmi Mozilla telah memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan Google, terutama soal ketergantungan dalam mendapatkan uang. Seperti saat ini, Mozilla selama bertahun-tahun biasanya dibayar oleh Google untuk setiap akses trafik internet lewat browser Mozilla Firefox.

Google dan Mozilla Resmi ‘Cerai’

Setelah cukup lama menjalin hubungan dengan Google, termasuk dalam soal sponsor dan uang hasil kerja sama. Mozilla sempat membuat mesin pencarian secara default untuk Google lewat Firefox, kemudian Google memberi bayaran untuk Mozilla untuk setiap akses internet yang masuk melalui Firefox.

Tahun lalu praktis menjadi tahun terakhir Mozilla bekerja sama dengan Google, sebelum akhirnya kemudian Mozilla memutus hubungan kerja sama lantaran telah memiliki alternatif pundi-pundi pendapatan secara regional yakni dari Yahoo dari Amerika Serikat, Baidu dari Tiongkok, dan juga Yandex dari Rusia.

Dilansir dari laman Cnet, saat ini Mozilla tidak akan lagi mengandalkan uang yang diperoleh dari Google. Hal ini termaktub dalam tulisan yang dirilis  Kepala Legal dan Bisnis Mozilla, Denelle Dixon-Thayer, yang menuliskan jika Mozilla telah berhasil berkembang lewat mesin pencarian khusus bagi pengguna Firefox di Benua Eropa.

“Kami tidak punya hubungan komersial dengan Google pada titik ini,” tulis Dixon-Thayer dalam akun Twitternya.

Dixon juga mengungkapkan jika dengan memutus hubungan bersama Google, Mozilla sekarang bakal lebih fokus terhadap kerja sama yang bersifat fleksibel. Lewat kerja sama yang bersifat fleksibel tersebut dirasa lebih menguntungkan bagi Mozilla. Mozilla juga dinilai akan lebih kompetitif dan juga semakin menambah pilihan menu kepada penggunanya, terutama saat pengguna mengakses informasi dan layanan online.

Dengan bercerainya Mozilla dan juga Google, kini Mozilla punya posisi lebih kuat dari sebelumnya. Hal ini sekaligus mengakhiri hubungan yang selama ini dinilai banyak pihak lebih menguntungkan Google ketimbang Mozilla. Sekedar informasi antara Google dan Mozilla memang sering terlibat kerja sama bareng, sebagai contohnya kedua perusahaan tersebut bekerja sama dalam pengembangan tampilan website mereka sehingga lebih menarik ketika digunakan dalam aktivitas e-commerce, blogging, jejaring sosial, penerbitan berita dan komunikasi. Baca juga Ilmuwan Biomimetics Kembangkan Keyboard Karet yang Lentur dan Bisa Memantul dan Nvidia Segera Luncurkan Tablet Gaming Terbaru Seri Shield X1.

Top