Google Bakal Rancang Chipset Sendiri untuk Smartphone?

Google Rencanakan Racik Chipset Sendiri untuk Smartphone Android – Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Google memang merupakan sebuah perusahaan raksasa yang telah menguasai dunia industri perangkat mobile melalui produk andalannya yaitu Android. Saat ini, di pasaran global, Android memang yang telah menjadi raja untuk seluruh jenis platform sistem operasi yang tertanam pada segala jenis perangkat pintar dari berbagai vendor.

google-rencanakan-racik-chipset-sendiri-untuk-smartphone-android

Belum puas dengan ambisi menguasai dunia melalui Android, nampaknya kali ini Google akan melakukan gebrakan baru untuk lebih menduniakan perusahaannya. Saat ini sistem operasi Android memang telah didukung oleh chip-chip racikan berbagai perusahaan seperti Qualcomm, MediaTek, bahkan Samsung dengan Exynosnya. Sedangkan untuk Apple telah mengusung hardware yang dibawakan oleh iOS dengan hasil produksi yang diracik oleh perusahaannya sendiri. Benarkah Google akan mengikuti jejak Apple, menciptakan perangkat chipset untuk smartphonenya sendiri?

Telah terdengar rumor yang mengatakan hal tersebut. Awalnya, berita ini diinformasikan oleh The Information yang dikutip dari halaman beritateknologi, Jumat (06/11/2015), bahwa Google akan bertemu dengan perusahaan produsen chip untuk membicarakan rencana dari pembuatan chip yang akan dirancang sendiri oleh Google. Pembicaraan tersebut rencananya akan berlangsung pada musim gugur ini, namun masih belum diketahui siapakah yang menjadi lawan bicara Google dalam pembahasan terkait penciptaan chip tersebut.

Selain itu, menurut kabar yang beredar, Google merencanakan perancangan chip untuk Android ini agar dapat menerapkan fitur-fitur menarik di dalamnya. Fitur-fitur yang kabarnya akan ditambahkan ialah Augmented dan virtual reality serta fitur lainnya yang tentu saja akan dapat dimanfaatkan dari hasil kolaborasi antara hardware dan software yang cukup erat karena memiliki keterkaitan satu sama lain.

Namun, hingga saat ini kabar tersebut masih belum ditanggapi oleh pihak Google. Chipset tersebut nantinya akan digadang-gadang sebagai sistem yang akan mengotimalkan kinerja Android. Hanya saja, nilai positif yang nantinya diciptakan oleh Google ini diharapkan tidak akan membunuh para produsen chipset yang selama ini bekerja untuk menciptakan hardware terbaik untuk menjalankan sistem operasi Android. Baca juga Kedua Sistem Operasi Terbaik Google Tidak akan Digabungkan, Hanya akan Dikembangkan dan Tahun Depan Project Loon Google Hanya Melakuakan Tes

Top