Geminoid F, Robot Tercantik di Dunia

Geminoid F, Robot Jepang yang Cantik – Jepang adalah salah satu negara yang mampu membuat perangkat robot paling jago. Pasalnya negara ini sudah banyak membuat robot apalagi untuk jenis robot humanoid atau yang lebih dikenal dengan robot manusia. Meskipun robot humanoid ini belum bisa tampil secara utuh, tapi tampilan yang diberikan robot ini menyerupai fisik manusia.

Geminoid F, Robot Jepang yang Cantik

Sebuah tim pengembang robot Hiroshi Ishiguro Laboratory di Osaka University, Jepang baru-baru ini memperkenalkan sebuah robot humanoid yang diberi nama Geminoid F. Pertama kalinya dipamerkan oleh pembuatnya di World Robot Exhibition Beijing. Robot ini benar-benar membuat orang yang melihatnya kaget terpana. Betapa tidak, dilihat dari fisiknya robot ini sama seperti manusia yang memiliki kulit, tekstur wajah, badan sampai rambutnya pun mirip. Dalam kesempatan itu, semua pengunjung di World Robot Exhibition Beijing berebut ingin berfoto bersama Geminoid F. Tidak sedikit yang menyebutnya dengan istilah robot seksi.

Geminoid F memang sengaja didesain seperti manusia sungguhan. Saat kita menyentuh kulit robot ini, sensasi yang dirasakan seperti menyentuh kulit seorang manusia. Wajahnya pun cantik, sekilas kita tidak bisa membedakan itu robot atau seorang manusia sungguhan. Walaupun sudah mirip dengan manusia, namun robot ini masih terus dibenahi. Ke depannya, para pembuat Geminoid F yakin kalau robot ini akan menjadi robot yang cerdas dengan bantuan AI yang sempurna.

Sebelum dipamerkan, robot ini juga pernah membintangi sebuah film di jepang dengan judul Sayonara. Dalam sejarah, baru pertama kali seorang robot ikut bermain Film. Film Sayonara ini bercerita tentang bencana nuklir yang mematikan di jepang dan Geminoid F memainkan perannya sebagai Leona. Selain bisa berbicara, robot ini juga bisa berekspresi layaknya manusia. Tapi di dalam film ini, Geminoid F tidak akan melakukan peran yang susah.

Menurut Koji Fukada, selaku sutradara film Sayonara menjelaskan bahwa bekerja dengan robot pemain film itu lebih gampang dari pada mengarahkan pemain film manusia. “Robot tak mengeluh, tak pernah lapar serta tak perlu beristirahat sama sekali,” katanya. Film Sayonara ini ditayang di bioskop Jepang pada tanggal 21 November kemarin. Belum dapat dipastikan akan masuk ke bioskop Indonesia atau tidak.

 

Top