Gantikan Wi-Fi, Li-Fi 100 Kali Lebih Cepat!

Li-Fi hadir sebagai pengganti Wi-Fi dengan kecepatan 100 kali lebih cepat – Nama Li-Fi mungkin masih asing terdengar di telinga pengguna internet. Li-Fi atau Light Fidelity adalah sebuah teknologi alternatif yang menurut penelitian bisa menyalurkan data 100 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan Wi-Fi dan kecepatannya bisa mencapai 1 Gbps dalam penggunaan di dunia nyata. Pada kecepatan tersebut, pengguna internet bisa mengunduh film full HD hanya dalam hitungan beberapa detik saja.

Li-Fi hadir sebagai pengganti Wi-Fi dengan kecepatan 100 kali lebih cepat

 

Wi-Fi atau Wireless Fidelity sering disebut juga sebagai WLAN (Wireless Local Area Network) yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi2,4GHz yang menggunakan standar IEEE 802.11. Wi-Fi yang saat ini masih menjadi pilihan terbaik untuk pengguna internet, bisa jadi akan tergeser dengan kehadiran Li-Fi.

Li-Fi sendiri diciptakan oleh Harald Haas dari University of Edinburgh di Scotland pada tahun 2011. Cara kerja dari Li-Fi menggunakan LED (Light Emiting Diode) untuk mengirimkan data ke penerima. Dengan perubahan intensitas cahaya yang begitu cepat, maka mata manusia tidak dapat melihatnya. Cara kerja perangkat ini mirip sistem kode morse tetapi versinta digital dan lebih modern.

Sebuah perusahaan teknologi Velmenni saat ini mulai menguji perangkat tersebut dengan berbagai simulasi. Menurut Deepak Solanki selaku CEO Velmenni menyatakan bahwa saat ini perusahaannya sedang merancang sistem pencahayaan yang cerdas. Di saat yang sama, perusahaan juga melakukan uji coba kepada klien untuk memasang Li-Fi di kantor klien. Hasil dari uji coba tersebut terbukti Li-Fi mampu menyalurkan data 1 Gb untuk setiap detiknya.

Li-Fi tidak hanya mempunyai kelebihan lebih cepat saja jika dibandingkan dengan Wi-Fi, tetapi Li-Fi juga lebih aman digunakan karena tidak bisa menembus tembok. Tapi kelemahan dari Li-Fi ini adalah masalah biaya, butuh biaya besar untuk bisa menikmati teknologi Li-Fi.

Para peneliti masih terus mengembangkan teknologi terbaru Li-Fi ini. Menurut rencana Li-Fi akan digabungkan dengan Wi-Fi agar koneksinya yang dihasilkan lebih cepat dan lebih aman. Selain itu Li-Fi juga memungkinkan untuk peralatan rumah pintar. Ke depannya bola lampu LED bisa digunakan untuk menerangi ruangan dan membantu menciptakan jaringan di rumah antara perangkat komunikasi satu dengan perangkat komunikasi lainnya.

 

 

 

Top