Facebook, Jejaring Sosial yang Berjiwa Sosial

Tunjukan Jiwa Sosial Facebook Luncurkan Page Khusus Fundraiser Bagi Lembaga Nonprofit – Jejaring social raksasa yang telah mendunia bahkan diakses oleh hampir seluruh penduduk bumi, kini memang telah dapat dimanfaatkan untuk segala macam aktivitas. Dari mulai pencarian informasi bagi reporter, fasilitas e-commers hingga yang baru-baru ini dikabarkan telah meluncurkan halaman khusus untuk fundrising. Halaman khusus tersebut merupakan salah satu bentuk solidaritas Facebook bagi pihak-pihak yang ingin melakukan penggalangan dana bagi lembaga-lembaga nonprofit.

tunjukan-jiwa-sosial-facebook-luncurkan-page-khusus-fundraiser-bagi-lembaga-nonprofit

Pada halaman Facebook Fundraiser tersebut, para calon donator cukup melakukan improved pada tombol Donate. Nantinya lembaga-lembaga nonprofit akan mengumpulkan uang dari donator untuk kegiatan tertentu yang bersifat kepedualian bagi masyarakat. Misalnya untuk kebutuhan memberantas suatu penyakit yang menyebar di daerah tertentu, penyediaan air bersih, hingga krisis-krisis pengungsian.

Sedangkan penyediaan tombol Donate yang awalnya diberikan pada iklan di situs, akan muncul pada halaman nonprofit sehingga pengguna akan bisa langsung berkontribusi dari umpan balik.

Berdasarkan laporan Mashable yang dilansir dari laman techno.okezone, Jumat (20/11/2015) menyatakan bahwa page Fundraiser menyerupai format pages event, memungkinkan bagi organisasi nirlaba untuk menggabarkan kampanye tertentu dan mengumpulkan sumbangan dari pengguna secara langsung. Selain itu akan menampilkan progress bar.

Nantinya, setiap fundraiser akan bisa dishare secara langsung oleh pengguna pada post di beranda barulah tombol Donate akan tampil dan dapat digunakan oleh pengguna lainnya yang hendak berkontribusi melalui post di beranda masing-masing pengguna. Adanya tombol Donate pada halaman utama nonprofit akan bersifat statis, sehingga letaknya akan tetap berada di bawah sampul.

Sebagai informasi, saat ini halaman fundraiser serta fitur tombol Donate pada Facebook telah melakukan kerja sama dengan tiga buah lembaga nonprofit. Untuk saat ini memang akses terhadap penggunaan fitur tersebut masih gratis untuk lembaga-lembaga yang tergabung di dalamnya. Namun, kabarnya pada tahun 2016 akan dikenakan fee sebagai biaya operasi untuk lembaga tersebut.

Untuk penarikan fee tersebut, bukanlah merupakan langkah untuk membuat profit. Hanya saja, menurut Facebook hal ini merupakan sebuah biaya operasi dalam pengelolaan. Bahkan biaya yang diminta oleh Facebook masih jauh di bawah standar industri yang ada saat ini. Baca juga Music Story Dinilai Menguntungkan Facebook dan Virtual Reality Bakal Diterapkan pada Facebook

Top