Canggih, Telah Hadir Program Pembaca Pikiran Manusia!

The MIND Lab , Mulai Kembangkan Program Penafsir Gelombang Otak  – Analis intelijen militer, adalah mereka yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk melakukan penelitian mengenai sistem yang berkaitan dengan Angkatan Darat di Amerika Serikat. Mereka bekerja melakukan penelitian dari berbagai sumber seperti drone juga melalui sistem pengawasan. Kini, Dr. Anthony Ries, seorang ilmuwan saraf kognitif  telah mengembangkan solusi untuk mempermudah proses penelitian yang dilakukan oleh lembaga militer tersebut. Yaitu dengan sebuah program otomatis yang akan membantu proses penelitian tersebut menjadi lebih cepat.

the-mind-lab-mulai-kembangkan-program-penafsir-gelombang-otak

Ries memang bekerja pada sebuah fasilitas penelitian Angkatan Darat Amerika Serikat yang disebut dengan “The MIND (Mission Impact Through Neurotecnology Design) Lab”. Dimana lab tersebut merupakan pusat penelitian bagi militer angkatan darat di negeri Paman Sam. Fasilitas penelitian atau Lab tersebut telah melakukan sebuah pengujian dari teknologi baru program yang dapat menafsirkan gelombang otak manusia.

Secara mudahnya, program ini telah mampu membaca pikiran manusia. Program yang sebelumnya hanya dapat diciptakan pada film-film layar lebar, kali ini telah benar-benar dikembangkan di dunia nyata. Dalam tes yang telah dilakukan beberapa waktu ini pada program tersebut, dilakukan dengan cara menghubungkan salah seorang prajurit ke EEG yang telah terhubung pada salah satu komputer dan komputer tersebut akan diminta untuk menunjukkan serangkaian gambar ada layar dengan tingkatan gambar setiap satu detik. Pada komputer tersebut kemudian disajikan lima jenis gambar dimana seorang prajurit tersebut disuruh untuk memfokuskan otaknya pada salah satu gambar saja.

Kemudian, pada hasilnya ternyata dapat diketahui bahwa tentara tersebut memilih fokuskan otaknya pada gambar perahu. Bagaimana komputer tersebut mampu mengetahuinya? Pada sistem ini komputer akan membaca perubahan gelombang otak pada subyek atau orang yang sedang diujinya.

Jadi, komputer akan membaca seperti apa perubahan gelombang otak yang terjadi pada setiap kali analis tersebut melihat gambar yang dirasa menarik dan membuat dirinya untuk memperhatikan gambar tersebut, maka respon berbeda akan diterima oleh komputer.

Untuk mengembangkan hal ini agar menjadi lebih sempurna, ilmuwan tersebut berencana untuk menambahkan fitur baru , seperti kontrol mata.

Dengan adanya pengembangan tersebut, nampaknya kehidupan di dunia ini akan semakin dikendalikan dengan perangkat digital bukan hanya pada robot saja, namun  pikiran dan gerak gerik manusia akan bisa terbaca oleh sistem digital. Baca juga

 

Top