Canggih, Komputer Desktop Seukuran iPhone!

Sirius B, Perangkat Komputer Dekstop Seukuran Smartphone – Teknologi semakin canggih dan terus saja berkembang. Pertama kali komputer diciptakan dengan ukuran yang sangat besar, kemudian generasi ke generasi penciptaan komputer semakin minimalis serta bersifat portable, sehingga mudah untuk dibawa kemanapun.

sirius-b-perangkat-komputer-dekstop-seukuran-smartphone

Setelah generasi netbook yang berukuran cukup mungil untuk sebuah perangkat desktop, kali ini yang lebih kecil telah hadir. Bahkan perangkat PC dengan ukuran mini  sedang mulai ‘booming’. Awalnya Intel merilis sebuah Compute Stick hingga menjadi cikal bakal bagi vendor-vendor lain untuk memproduksi perangkat serupa.

Kali ini produk terbaru yang juga merupakan komputer mini telah dilahirkan oleh vendor asal Belanda bernama Ockel. Komputer mini tersebut diberi nama Siruis B. Meskipun ukurannya masih lebih besar dibandingkan dengan Compute Stick, namun tetap tergolong sangat kecil untuk sebuah perangkat PC desktop.

Pihak Ockel sendiri telah mengklaim bahwa perangkat miliknya ini telah diciptakan seukuran dengan iPhone 6 yang merupakan smartphone besutan Apple terbaru sehingga akan sangat mudah untuk dibawa kemanapun. Dengan begitu pekerjaan akan mudah diselesaikan dimanapun.

Sirius B ini membawakan dimensi berukuran 123 x 79 x 11 mm dengan bobot 120 gram.

Perangkat ini memang cukup canggih, ukurannya yang sekecil smartphone tetapi memiliki kekuatan setangguh PC desktop. Karena dibalik ukurannya yang mungil, Sirius B ini memiliki spesifikasi yang sama seperti PC dan memiliki kemampuan yang sama dengan komputer desktop pada umumnya.

Untuk spesifikasi pada dapur pacu, Ockel membekalkan processor Intel Atom Bay-trail berkekuatan quad-core dan dibekali RAM 2 GB. Pengolah grafis GPU Intel  High Definition, serta media penyimpanan 32 GB yang dilengkapi dengan WiFi 802.11 a/b/g/n serta perangkat Bluetooth v4.0.

Untuk pelengkap lain, disematkan port HDMI, dua buah port USB, output microphone serta audio dan mendukung slot microSD.

Dalam memproduksi perangkat ini Ockel mendapatkan sumbangan pendanaan dari Indiegogo sebesar 10.000 dollar AS atau sekira Rp 140 juta.

Sirius B yang  merupakan perangkat yang diproduksi dengan sistem ‘urunan’ ini memang mendapatkan sambutan positif dari situs ndiegogo, pasalnya berdasarkan pemantauan situs tersebut telah memberikan sumbangan nyaris mencapai 130.000 dollar AS.

Di situs Indiegogo sendiri, perangkat ini dijual dengan harga 150 dollar AS atau Rp 2 jutaan untuk varian tanpa OS, sedangkan yang telah dilengkapi Windows 10 dilepas dengan harga 170 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 jutaan. Baca juga Light L16, Kamera Mungil Harga Selangit dan Microsof Band 2, Perangkat Gelang Pintar Terbaru dari Microsoft

 

Top