Apple  Patenkan Software Pelacak Mata untuk iPhone Masa Depan

iPhone Masa Depan Bakal Usung Teknologi Pelacak Pandangan Mata – Dari generasi ke generasi, produk racikan Apple memang selalu menyematkan teknologi-teknologi canggih yang tak dimiliki oleh produk lain. Bahkan kabar menakjubkan yang mulai terendus bahwa untuk iPhone masa depan akan dirancang dengan software yang mampu melacak pandangan mata manusia.

iphone-masa-depan-bakal-usung-teknologi-pelacak-pandangan-mata

Perangkat pelacak pandangan mata yang awalnya hanya ada di Film Mission Impossible, kini akan segera terwujud di dunia nyata melalui teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Dalam paten barunya, Apple dikabarkan telah mengungkapkan bahwa untuk iPhone generasi terbaru mendatang akan membawakan desain yang mampu melacak jalur pandangan manusia. Kemudian akan menampilkan notifikasi ketika mata pengguna tersebut terfokus pada bagian lain layar. Rupanya, paten Apple mengenai software tersebut telah diajukan sejak September 2012 lalu.

Hal ini seperti dilaporkan Telegraph yang dilansir dari laman techno.okezone, Kamis (19/11/2015), yang menyatakan bahwa paten baru yang diberikan menjelaskan bagaimana perangkat tersebut nantinya akan mampu mendeteksi tertundanya autocorrect otomatis dari kesalahan ejaan kata, apabila pada saat software tersebut mengidentifikasi mata pengguna tidak terfokus pada kata. Hal ini dapat berlaku secara meluas untuk notifikasi.

Selain itu, paten yang diajukan tersebut juga menyatakan bahwa kemampuan software bukan hanya itu saja namun pengiriman notifikasi pesan akan mengalami penundaan hingga si pengguna kembali fokus pada layar. Kemudian untuk contoh lain juga dapat dimanfaatkan sebagai pop-up notifikasi berupa pesan suara, news alert hingga update software dan aplikasi.

Sebagai informasi, hingga saat ini, penggunaan biometric yang telah populer diantaranya adalah penggunaan pada pemindai suara, recognition wajah, pemindai sidik jari hingga pemindai retina mata.

Seperti yang telah diketahui bahwa sebelumnya Google juga telah memiliki paten untuk penggunaan sistem eye tracking yang dimanfaatkan untuk membuka perangkat yang diajukan pada bulan Juli 2013 lalu. Sementara untuk  Fujitsu juga telah meluncurkan sistem iris scanning yang menggunakan konsep buit-in pada smartphone Mobile World Congress (MWC) di tahun ini.

Lalu, seperti apa nantinya perancangan yang akan dilakukan Apple untuk iPhone masa depan? Kita tunggu saja hingga teknologi canggih tersebut benar-benar telah terealisasikan. Baca juga Micromax Luncurkan Smartphone 4G LTE Murah Meriah Seri Micromax Canvas Xpress 4G dan Smartphone Android Terbaru LG Dijual Mulai Rp 137 Ribuan

 

 

Top