5 Tahun Lagi Samsung Mundur dari Bisnis Smartphone?

Analis Ramalkan Samsung Mundur dari Industri Smartphone Lima Tahun Lagi – Saat ini bisa dibilang jika Samsung masih merajai pasar smartphone global, bahkan penjualan smartphone Samsung saat ini terus melejit. Tetapi meskipun demikian ternyata tanda-tanda jika Samsung segera mundur dari industri smartphone sudah mulai tampak, apalagi berdasarkan beberapa perkiraan analis Samsung akan segera angkat kaki dari bisnis yang melambungkan namanya ini.

5 Tahun Lagi Samsung Mundur dari Bisnis Smartphone?

Adalah analis senior yang bernama Ben Bajarin yang mengungkapkan jika Samsung sedang menghadapi masalah rumit berupa tanda-tanda besar yang pernah dialami Nokia. Ben Banjarin mengatakan jika tanda-tanda kemunduran Samsung sebagai raksasa teknologi di industri smartphone dikarenakan beberapa faktor yang biasa disebut juga dengan ‘The Innovator’s Dilemma’.

Faktor tersebut berupa kasus dilematis yang dialami Samsung dimana Samsung harus konsisten berinovasi dengan biaya riset yang pastinya tidak murah, namun di sisi lain Samsung juga berhadapan dengan kondisi pasar yang kian sesak oleh kompetitor yang terus menelurkan berbagai macam flagship berharga terjangkau namun memiliki fitur yang bisa dikatakan sama dengan produk Samsung yang berharga lebih mahal.

“Ketika Anda menghadirkan perangkat dengan sistem operasi yang sama dengan kompetitor, maka Anda akan menjadi yang terbaik bila itu datang dengan harga murah,” tulis Bajarin seperti dikutip detikINET, Rabu (4/11/2015).

Selain itu Bajarin juga menambahkan, meskipun semakin banyak vendoor yang tersus mengeluarkan smartphone Android canggih berharga murah, tetapi tidak ada lagi yang bisa dilakukan Samsung untuk mernghadpai gempuran tersebut. Apalagi saat ini konsumen juga semakin pintar dengan mau menerima kedatangan smartphone murah tanpa memandang brand yang diusungnya.

“Samsung tahu kondisi ini akan terjadi. Maka dari itu, ia pun kini bekerja keras mengembangkan sistem operasi miliknya, Tizen,” ujar Bajarin. Lalu bagaimana dengan prediksi kedigdayaan Apple lima tahun ke depan?

Menurut Bajarin, kondisi Apple sedikit berbeda dengan Samsung dimana Apple memiliki keuntungan tersendiri. Hal itu cukup beralasan sebab Apple adalah satu-satunya produsen yang mencipatakan iOS sebagai sistem operasi mereka sendiri. Selain itu Apple juga tidak harus berhadapan dengan pesaing yang menelurkan flagship berharga murah, dan konsumen Apple juga tidak seuniversal konsumen Samsung dan Android. Baca juga Motorola Droid Turbo 2 Menjadi Smartphone yang Paling Kuat dan Sepertiga Karyawan Samsung Terancam Dipecat.

Top