4G LTE Telkomsel Segera Hadir di Kota Yogyakarta

Telkomsel Percepat Layanan 4G LTE di Kota Yogyakarta – Telkomsel berniat untuk mempercepat layanan 4G LTE di Kota Yogyakarta, dengan asumsi saat ini terjadi kenaikan penggunaan layanan data internet hingga 160 persen di Kota Gudheg pada kuartal ketiga tahun 2015. Dengan adanya peningkatan tersebut, semakin memacu Telkomsel untuk segera menghadirkan akses internet dengan jaringan 4G LTE untuk masyarakat Jogja.

4G LTE Telkomsel Segera Hadir di Kota Yogyakarta

Hal ini juga diungkapkan langsung oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, yang menyatakan jika Yogyakarta akan menjadi kota kesepuluh yang siap disambangi Telkomsel untuk layanan 4G LTE. Sebelumnya layanan 4G LTE telah menyapa kota-kota besar Indonesia mulai dari Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, hingga Batam.

“Saat ini, dari total pelanggan di Yogyakarta, sekitar 55 persen adalah pelanggan data. Ada 45 ribu pelanggan Telkomsel di Yogyakarta yang menggunakan handset (ponsel) 4G. Di Yogyakarta, 4G kami beroperasi di frekuensi 1800 MHz menggunakan pita selebar 10 MHz, yang kecepatannya bisa mencapai 75 Mbps,” ujar Ririek, dalam keterangan resminya, dipetik dari Vivanews, hari Selasa (17/11/2015).

Sementara untuk lokasi strategis yang paling potensial untuk diselimuti jaringan 4G LTE adalah perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, mulai dari Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Yoyakarta. Selain itu tempat lainnya yang berpotensi adalah Jalan Malioboro, Keraton, Bandara, hingga merambah perumahan padat, kafe, jalan-jalan protokol, sampai Mall atau pusat perbelanjaan.

Kota Yogyakarta selain hanya akan diberikan layanan 4G LTE juga tengah dipersiapkan sebagai smart city. Untuk itu diberikan pula dengan beberapa aplikasi digital sebagai dukungan smart city, contohnya seperti HiCo atau sistem yang bisa digunakan untuk melakukan pengontrolan terhadap peralatan listrik atau elektronik lainnya hanya dengan perintah smartphone. Kedua, Yogyakarta juga akan diberikan Healink yaitu aplikasi mobile yang berbasis pada pelayanan kesehatan dengan mengutamakan peningkatan fungsi penyedia jasa kesehatan.

Selain di atas, rencananya ada aplikasi Jogja Smart Passenger yang bisa membantu masyarakat atau wisatawan yang ingin menentukan rute perjalanan, menjelajah, atau menikmati keindahan kota Jogja dengan menggunakan smartphone mereka. Baca juga Lenovo A6010 Resmi Diluncurkan Lewat Lazada dan Smartfren Pasang Strategi Baru Demi Target 400 Ribu Pelanggan 4G Baru.

Top