Wow, Ternyata Perilaku Unik Orang Indonesia Pengaruhi Perkembangan Facebook!

Fitur E-Comerce Pada Facebook Lahir Dari Kebiasaan Unik Orang Indonesia – Facebook, sebuah media sosial yang pada awalnya merupakan jejaring yang memungkinkan untuk komunikasi tanpa batasan jarak dan waktu. Namun, bagi pengguna di Indonesia Faceook ini bukan hanya sekedar media sosial saja. Orang Indonesia memiliki perilaku unik yang memanfaatkan Facebook sebagai situs “Craigslist”, begitulah yang dikatakan oleh salah satu petinggi.

fitur-e-comerce-pada-facebook-lahir-dari-kebiasaan-unik-orang-indonesia

Craigslist ini merupakan sebutan bagi sebuah layanan iklan baris di Amerika Serikat. Dengan sebutan tersebut artinya memang banyak diantara pengguna Facebook yang lebih memanfaatkan media sosial ini sebagai media untuk melakukan jual beli, tidak hanya untuk komunikasi jarak jauh dengan teman.

Pernyataan tentang sebagian besar pengguna Facebook di Indonesia yang memanfaatkan media sosial ini sebagai Craigslist tersebut telah diungkapkan langsung oleh Chieft Product Officer Facebook, Chris Cox pada acara WSJDLive Conference sebagaimana sesuai dengan laporan dar Business Insider yang dilansir pada halaman Kompas Tekno, Jumat (23/10/2015).

Menurut penuturan dari Cox, pengguna Facebook di Indonesia sebagian besar menggunakannya untuk melakukan promosi atau media jual beli dari mulai produk, termasuk pakaian bayi hingga sparepart otomotif.

Dengan menyadari bahwa kegiatan tersebut mulai banyak dilakukan, akhirnya Facebook memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut agar lebih mudah digunakan sebagai fasilitas jual beli.

Secara tidak langsung telah dapat disimpulkan, bahwa pengguna Facebook di Indonesialah yang memicu adanya fitur e-commerce pada Facebook.

“Saat kami melihat perilaku unik seperti ini, itu menyarankan ami untuk melakukan (membuat fitur) yang lebih baik,” Ujar Cox.

“Contoh di Indonesia ini adalah perilaku yang paling menarik yang terjadi dalam perdagangan di Facebook. Pengguna benar-benar terhubung satu dengan yang lain untuk bertukar barang,” tambahnya.

Salah satu bukti keseriusan Facebook memberikan fitur e-commers yaitu terlihat dengan mulainya pengujian fitur Facebook Shopping. Fitur tersebut hadir dengan sebuah tab baru yang disematkan pada menu “More” di Facebook. Apabila pengguna menekan tab tersebut, nantinya pengguna akan disuguhi dengan beragam varian produk beserta promosi-promosi diskon beserta foto produknya.

Meskipun belum jelas kapan akan mulai rilisnya, namun fitur ini telah mulai dijajalkan kepada beberapa pengguna dan diklaim akan sangat sesuai dengan ketertarikan pengguna. Baca juga Pengguna Facebook di Amerika Serikat yang Mengaku Gay Kian Meningkat dan Fitur OK Google Dipangkas dari Chrome versi 46

Top