Wow, Ternyata Google Bisa Lho Dijalankan Secara Offline!

Google Now, Sistem Google Untuk Menerima Perintah Saat Offline – Search engine, atau mesin pencari merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh manusia. Namun, pada umumnya menjalankan search engine di komputer harus menggunakan koneksi internet agar dapat terhubung dengan situs mesin pencari tersebut. Nah, apa jadinya kalau mesin pencari saat ini telah mampu menjalankan perintah secara offline?

google-now-istem-google-untuk-menerima-perintah-saat-offline

Kini situs mesin pencari terbesar di dunia yakni Google, dikabarkan telah melakukan update layanan dari sistem asisten digital yang dapat menerima perintah dari pengguna pada saat dalam keadaan offline. Sistem tersebut disebut-sebut bernama Google Now. Memang untuk segi perintah yang dapat direspon oleh Google Now tidak sebanyak pada saat menggunakan Google online , namun perintah-perintah yang mampu dijalankan oleh Google Now tersebut merupakan perintah-perintah dasar yang cukup fungsional.

Beberapa perintah yang dapat dijalankan oleh Google versi offline yaitu melakukan pemutaran music, membuka Gmail, pengaturan volume, membuka aplikasi, pengiriman pesan, membuat panggilan, mengaktifkan WiFi dan Bluetooth, menyalakan senter, mengaktifkan mode pesawat, serta meredupkan layar.

Bagi pengguna yang ingin menikmati fitur dari Google Now untuk versi offline tersebut, yaitu pengguna diwajibkan untuk mengupgrade Google Now ke versi 5.2 serta pengguna juga diharuskan untuk men-download file database tambahan dengan kapasitas 18 MB. Fitur tersebut sebenarnya hanya tersedia di negara Amerika Serikat saja, namun bagi pengguna yang berada di luar negara tersebut masih akan tetap dapat menikmati fitur offline dari Google ini dengan menggunakan bahasa Inggris (US).

Kemampuan dari kinerja asisten digital yang dilakukan secara offline sebenarnya pertama kali bukanlah Google Now. Sebelumnya Microsoft memiliki asisten digital yang juga dapat dijalankan secara offline bernama Cortana, yang memiliki sistem kerja hampir sama persis dengan Google Now.

Adanya fitur offline tersebut, tentunya akan sangat membantu pengguna dalam mengakses asisten digital baik dalam keadaan internet lancar maupun dalam kondisi tidak ada internet sama sekali. Meskipun prosedur yang dilakukan untuk menikmati fitur ini cukup banyak namun hal ini bukanlah halangan untuk mendapatkan pelayan yang sangat mudah dari Google.  Baca juga Google & Microsoft Sepakat Akhiri Perebutan Paten dan Google dan Nasa Kembangkan Komputer Kuantum Super

Top