Wow, Bocah 13 Tahun ini Ciptakan Alat Pendeteksi Narkoba!

Krishna Reddy, Bocah Pencipta Alat Pendeteksi Narkoba – Setelah beberapa waktu lalu jagad maya ini dihebohkan dengan seorang bocah yang ditangkap kepolisian Texas akibat disangka menciptakan bom rakitan, namun nyatanya itu adalah jam digital.  Hal tersebut justru mengantarkannya mendapat undangan langsung dari Presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Kini, berita serupa juga telah datang dari seorang bocah berusia 13 tahun yang dikabarkan telah menciptakan alat pendeteksi narkoba.

krishna-reddy-bocah-pencipta-alat-pendeteksi-narkoba

Perangkat yang diciptakan oleh Krishna Reddy tersebut, akan mampu memberitahukan apabila pengguna dalam kondisi mabuk atau menggunakan narkoba. Perangkat pendeteksi itu bekerja dengan cara membaca bagian pupil dari mata seseorang yang menjadi target pengujian.

Menurut rangkuman yang diambil dari halaman techno.okezone dari hsil kutipan Xinhuanet, Jumat (09/10/2015), menyatakan bahwa untuk memeriksa adanya pengemudi yang mengkonsumsi alkohol, maka metode yang digunakan adalah ‘breathalyzers’. Dimana metode tersebut akan mengukur konten alkohol yang dikeluarkan melalui hembusan nafas seseorang tersebut.

Bocah berusia 13 tahun itu berasal dari Wichita Falls, Texas, Amerika Serikat. Alat yang diciptakan oleh Krishna tersebut juga dinyatakan mampu mendeteksi apakah pengemudi juga telah mengkonsumsi ganja atau menggunakan obat terlarang semacam penghilang rasa sakit, obat tidur atau jenis narkotika lainnya.

Pada perangkat ciptaanya itu, Krishna juga menyematkan sebuah kamera digital, senter serta gulungan kertas toilet. Untuk sistem kerjanya, pertama kali yang dilakukan adalah dengan memaparkan cahaya ke bagian mata dengan disertai gulungan kertas toilet tadi disetting mengarahkan cahaya ke arah pupil mata. Selanjutnya, kamera digital tersebut mengambil video dari pupil mata sang target.

Menggunakan sebuah pemrograman pada software, komputer akan mampu mengukur reaksi penyempitan pupil mata yang disinari oleh cahaya dari lampu senter tadi.

Krishna merupakan salah satu inventor muda yang berhasil memasuki jajaran 1o finalis Discovery Education 3M Young Scientist Challenge. Dikabarkan kompetisi yang dilaksanakan setiap tahun itu memberikan hadiah USD25 ribu. Menurut berita lebih lanjut, para finalis juga akan mendemonstrasikan karya-karya mereka pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2015.

Kehebatan bocah 13 tahun tersebut memang patut diacungi jempol karena telah mampu membantu pihak berwajib dalam penyelidikan penggunaan narkotika. Baca juga Ahmed Mohammed Diundang Secara Khusus Oleh Presiden Barrack Obama dan Humza Shahzad, Jadi Pakar Produk Microsoft di Usia Sangat Belia

Top