Waspada, Perangkat iOS Mulai Diserang Malware!

Perangkat iOS di Cina dan Taiwan Mulai Diserang Malware YiSpecter – Perangkat yang saat ini sedang kembali mendapat serangan malware ternyata bukan hanya Android saja, tetapi kali ini iOS juga telah mulai mendapatkan serangan dari malware yang bernama YiSpecter. Perusahaan kemanan cyber Palo Alto Network telah mengidentifikasi adanya malware baru tersebut.

perangkat-ios-di-cina-dan-taiwan-mulai-diserang-malware-yispecter

Malware YiSpecter tersebut akan menyalahgunakan perangkat iOS yaitu pada application programming interface (API) private. Menurut data yang didapatkan dari perusahaan keamanan tersebut, pengguna yang paling bayak terinfeksi yaitu yang tinggal di Cina dan juga Taiwan.

Malware tersebut akan beraksi dengan cerdas yaitu setelah berhasil menginfeksi ponsel pengguna, YiSpecter kemudian akan dapat menginstal aplikasi yang tidak diinginkan oleh pengguna perangkat, mengganti aplikasi yang telah ada di ponsel dengan aplikasi yang diunduh tersebut, lalu memaksa aplikasi untuk menampilkan sebuah iklan dengan layar penuh baru kemudian mengubah bookmark dan search engine default di Safari barulah mengirim kembali informasi private dari pengguna ke server.

Bukan hanya itu, malware tersebut juga akan otomatis muncul kembali bahkan pada saat pengguna menghapus aplikasi instalan tersebut secara manual dari perangkat iOS mereka.

Menurut Palo Alto Network sendiri, hal ini merupakan hal yang tidak biasa untuk perangkat iOS. Pasalnya, dari hasil identifikasi yang dilakukan sejauh ini, malware menyerang perangkat iOS dengan menyalahgunakan API private yang memungkinkan empat komponen utamanya untuk mengunduh dan menginstal dari server pusat.

Peneliti Palo Alto Network, Claud Xiao, juga menyatakan bahwa dengan menyalahgunakan adanya sertifikat dari API private, malware YiSpecter ni tidak hanya akan mampu menginfeksi lebih banyak lagi perangkat, namun tetap akan membuat penurunan pada keamanan iOS menjadi selangkah mundur.

Bahkan malware tersebut juga dapat menyamarkan dirinya menjadi sebuah aplikasi dengan logo lain untuk menghindari deteksi dari pengguna.

Pihak peneliti juga telah menyebutkan bahwa malware ini telah berhasil menginfeksi perangkat iOS selama lebih dari 10 bulan, namun yang telah mendeteksinya baru satu dari 57 vendor keamanan Virus Total. Baca juga Kini Hacker Intai Pengguna Android Via Lagu dan Ribuan Situs WordPress Terjangkit Malware

Top