Waspada i-Doser, Narkoba Digital Berformat MP3 yang Bisa Membuat Kecanduan

i-Doser Narkoba Digital dengan Format MP3 – Teknologi memiliki dua sisi yang berlawanan, selain untuk mempermudah aktivitas manusia, perkembangan teknologi juga bisa digunakan untuk merusak kehidupan. Apalagi belakangan ini, jagat dunia maya sedang dihebohkan dengan aplikasi ‘narkoba digital’ i-Doser yang bisa diunduh lewat internet.

Waspada i-Doser, Narkoba Digital Berformat MP3 yang Bisa Membuat Kecanduan

i-Doser adalah narkoba digital berupa aplikasi suara yang masuk melalui media telinga dan bisa mengecoh kinerja otak. i-Doser juga bisa membuat pendengarnya kecanduan dan hilang akal, seperti orang mabuk. Namun, i-Doser patut diwaspadai untuk tidak disalahgunakan karena bentuknya tidak seperti obat atau serbuk, melainkan hanya gelombang suara dalam format MP3.

Aplikasi i-Doser saat ini bisa didownload pada smartphone berbasis Android ataupun iOS. Dengan beberapa pilihan dosis untuk gelombang suara yang masuk ke telinga pengguna, kemudian gelombang suara tersebut akan mempengaruhi kinerja otak dan menciptakan reaksi-reaksi tertentu.

Bagaimana i-Doser bisa mempengaruhi kinerja otak? Hal tersebut dikarenakan i-Doser memiliki irama binaural atau binaural beats. Irama itu terjadi ketika dua suara di frekuensi yang dekat didengar oleh kedua sisi telinga. Umunya di dunia kesehatan, Binaural beats digunakan untuk terapi gelombang otak.

“Sebenarnya tidak ada yang berbahaya dari binaural beats di i-Doser. Bahkan, musik binaural kerap dijadikan terapi untuk meningkatkan kemampuan otak, termasuk juga untuk meditasi, mencegah stroke, penyakit alzheimer atau parkinson. Bahkan, bisa menimbulkan orgasme,” ujar Paul Rademacher dari Monroe Institute di Virginia, Amerika, seperti dikutip dari Viva Tekno, Jumat (16/10).

Sedangkan pendiri aplikasi audio, i-Dosher, Nick Ashton, menambahkan jika aplikasi audio i-Doser sudah ditemukan sejak tahun 2005 dan sampai saat ini sudah diunduh oleh 10 juta orang lebih. Dan untuk mendownload aplikasi ini juga tidak mudah, lantaran ada beberapa syarat khusus untuk memasang i-Doser. Di toko aplikasi Apple iTunes, harga software i-Doser ini dibanderol dengan harga lebih dari Rp 60 ribu. Sedangkan di PlayStore Android, harganya mencapai Rp 71 ribu. Untuk di Indonesia sendiri, situs penyedia i-Doser sudah ditutup oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk mencegah penyalahgunaan aplikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Baca juga ECCT Ciptaan Warsito Ternyata Benar-benar Mampu Membunuh Sel Kanker dan Termometer Pintar Bisa Terkoneksi ke Smartphone.

Top