Waspada, Hacker Semakin Cerdik Intai Korban!

Kini Hacker Intai Pengguna Android Via Lagu – Semakin pesat perkembangan dari kemudahan akses duni maya dengan menggunakan smartphone canggih memang tak dapat dipungkiri dengan adanya serangan yang semakin canggih pula dari para pengintai gelap (hacker). Kini memang telah jutaan produk yang mengusung sistem operasi Android misalnya, telah dengan mudah terinfeksi dengan hanya memutar lagu ataupun video.

kini-hacker-intai-pengguna-android-via-lagu

Kelemahan dari sistem keamanan akan sangat mudah mengantarkan jenis-jenis bug baru pada pengguna Android . Bug tersebut seperti jenis malware yang ditemukan pada bulan Juli lalu yaitu Stagefright yang dinilai sebagai celah besar pada lemahnya keamanan Android. Memang beberapa peringatan telah diberikan terkait jenis malware tersebut sejak adanya Android versi 1 pada tahun 2008, karena memang Stagefright ini merupakan malware yang sangat mudah berkembang biak pada sistem operasi Android.

Seperti rangkuman dari laporan Telegraph, Senin (05/10/2015), yang menyatakan bahwa kecanggihan malware kali ini memang sudah semakin cerdas menyusup masuk pada perangkat pengguna. Hanya dengan menggunakan fungsi preview untuk mendengarkan atau menonton misalnya, kemudian membuat file MP3 dan MP4, dengan mudah hacker akan mampu mengakses kode perangkat Android serta membuat perubahan jarak jauh, yang secara teori akan dapat melakuakan penyadapan untuk melacak atau mencuri informasi.

Pengguna juga dapat dengan mudah dikelabuhi dengan adanya URL yang akan mengaktifkan fungsi preview Android. Atau yang lebih buruk lagi, apabila kesalahan dari pengguna dapat dimanfaatkan apabila hacker dan korban berada dalam satu jalur yang sama seperti berada dalam satu WiFi dalam satu area hotspot.

Peneliti juga memberikan pernyataan bahwa kelemahan tersebut ang paling utama terletak pada metadata di dalam file, sehingga hanya dengan melihat sebuah preview lagu saja atau video akan dapat memicu sebuah masalah.

Kasusnya hampir sama dengan kasus serangan original bug Stagefright yang muncul pada bulan Juli lalu kemudian mengeksploitasi celah kekurangan yang berada pada aplikasi chat di Google Hangout serta Messenger ketika melakukan pengiriman file berupa file multimedia seperti video.  Baca juga Kode Inti Android Menjadi Incaran Malware Stagefright dan Ditemukan Jutaan Malware Tipe Terbaru

Top