Waspada, Aplikasi Canggih Ini Bisa Diretas Jarak Jauh!

Aplikasi Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh – Bagi para pengguna perangkat Apple pasti sudah tak lagi asing dengan aplikasi yang diberi nama Siri, yaitu asisten virtual yang ditujukan khusus hanya bagi pengguna iPhone dan iPad. Namun, pengetahuan atau wawasan yang matang tentang aplikasi ini mungkin masih belum banyak yang memahami dan siapa yang bisa menyangka apabila Siri bisa diretas dari jarak jauh. Waspadalah!

aplikasi-siri-dan-google-now-bisa-diretas-dari-jarak-jauh

Berdasarkan informasi Wired yang telah dirangkum dari tekno.liputan6, Sabtu (17/10/2015), menyatakan bahwa dua peneliti dari ANSSI, badan pemerintah Perancis yang ditujukan untuk keamanan informasi menemukan bahwa gelombang radio dapat digunakan secara diam-diam untuk mengaktifkan Siri di iPhone termasuk Google Now di smartphone Android.

Peretasan yang dilakukan tersebut dapat berjalan dengan syarat smartphone si korban sedang terhubung dengan earphone atau headphone yang memiliki mikrofon.

Dengan memanfaatkan media kabel dari earphone sebagai antena, sang hacker dapat menjadikan kawat sebagai perantara untuk jalur untuk melakukan konversi gelombang elektromagnet secara diam-diam menjadi sebuah sinyal listrik yang nantinya dapat dianggap sebagai audio yang keluar dari mikrofon user oleh sistem operasi.

Cara seperti itulah yang dilakukan oleh hacker tanpa perlu berbicara atau mengeluarkan suara dalam bentuk apapun menggunakan serangan pada radio untuk memberikan notifikasi pada Siri dan Google Now untuk mengirimkan panggilan juga pesan teks. Bukan hanya itu, tetapi juga membuka situs tertentu yang berisi malware lalu kemudian mengirimkan spam lewat email, Facebook atau Twitter. Begitulah yang disampaikan oleh dua orang peneliti tersebut.

Bahkan tak hanya itu saja, di dalam laporan juga diungkap bahwa seorang hacker bisa meretas smartphone milik pengguna melalui Siri atau Google Now dari jarak 16 kaki atau setara dengan 4 meter.

Namun, memang peretasan dnegan cara tersebut masih memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat dioperasikan apabila pengguna tersambung dengan earphone atau headphone saja. Apabila perangkat tersebut tidak sedang terhubung dengan smartphone maka pengguna tetap akan menerima pemberitahuan masuknya perangkat tidak dikenal dan dapat membatalkannya.

Tetapi tak ada salahnya untuk tetap waspada, karena kehadiran para peretas itu seperti hantu yang bisa saja muncul tanpa disadari. Baca juga Programer Komputer Asal Surabaya dan Mantan Pegawai Google Ciptakan Aplikasi Kencan dan 39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware

Top