Waspada! Akun BBM Kini Rawan Dibobol

Peristiwa Pembajakan Akun BBM Kian Marak Terjadi – Saat ini boleh jadi aplikasi chat BlackBerry Messenger (BBM) sedang popuer di Indonesia. Namun rupanya meski kian populer, pengguna juga tetap harus waspada pasalnya akhir-akhir ini sedang marak peristiwa pembobolan akun BBM yang berujung pada modus penipuan.

Waspada Akun BBM Kini Rawan Dibobol

Tak hanya segelintir orang saja yang sudah terkena kejahatan internet ini, melainkan sudah banyak korbannya yang tertipu dengan pelaku yang pandai memanfaatkan celah. Modus pembajakan akun BBM adalah dengan pesan broadcast yang berisi link video. Jika korban masuk dalam link video tersebut, maa korban akan diminta untuk memasukkan BlackBerry Identity (BB ID) beserta passwordnya.

Rupanya modus di atas bukanlah satu-satunya modus untuk melakukan pembajakan akun BBM, menurut ketua lembaga riset keamanan cyber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) yang bernama Pratama Persadha. Masih banyak modus lain yang kerap digunakan oleh pelaku, termasuk via phising yang mengincar email korban.

“Jika pelaku sudah mengetahui password email korban, maka kemudian pelaku mengganti password email dan akun Blackberry Messenger sehingga korban tidak bisa membukanya lagi. Begitu pelaku mengambil alih akun Blackberry Messenger korban, maka pelaku dapat dengan mudah melakukan aksi jahatnya,” ujar Pratama, dikutip dari DetikTekno, Rabu (21/10).

Dia juga mengungkapkan jika modus kejahatan seperti ini pada umumnya dilakukan pelaku dengan cara menyebarkan pesan yang berisi permintaan sejumlah pulsa ataupun uang kepada orang-orang yang terdapat di daftar kontak BBM korban. Untuk membuat percaya, maka pesan yang dikirim biasanya dibuat lebih mendramatisir seolah-olah korban sedang dalam kondisi yang kesusahan, dengan tujuan banyak orang yang pada akhirnya tersentuh kemudian membantu.

“Ada ribuan situs phising yang mengancam pengguna internet. Hal seperti ini sebenarnya bisa dicegah apabila pengguna tetap waspada akan modus kejahatan ini. Pastikan url atau alamat situs yang akan dituju itu benar dan bukan situs palsu yang dibuat menyerupai aslinya. Selain itu jangan sembarang membuka tautan yang pada akhirnya mewajibkan pengguna untuk memasukkan email dan password, itu berbahaya,” tambah Pratama.

Paratama juga menghimbau jika kita menerima pesan BBM ataupun pesan yang serupa dengan di atas, sebaiknya lebih waspada atau jangan langsung mempercayainya. Pastikan kembali jika yang bersangkutan memang benar-benar butuh bantuan dengan cara menelponnya atau menghubunginya lewat media lain selain BBM. Selain dengan tips di atas, Pratama juga memberikan sedikit tips agar kita tak terkena gangguan phising.

“Kejahatan phising ini tidak hanya mengincar akun Blackberry Messenger saja, banyak yang bisa diambil alih oleh pelaku seperti akun-akun media sosial lainnya misalnya Facebook, Twitter dan bahkan akun internet banking. Salah satu cara pencegahan yang mudah adalah dengan rutin mengganti password setiap akun yang dimiliki setidaknya setiap 3 bulan sekali,” tutup Pratama. Baca juga Terdeteksi Pencurian Data, Ratusan Aplikasi dari App Store Apple Dihapus dan Data Privasi Pengakses Situs Porno Bisa dengan Mudah Disebarluaskan Peretas.

Top