Toshiba Segera Selesaikan Penjualan Sensor Kamera untuk Sony

Sony Siap Beli Pabrik Sensor Gambar dari Toshiba – Lama tak terdengar kabaranya, informasi terakhir memberitakan jika perusahaan asal Jepang, Toshiba, berencana menjual bisnis sensor kamera kepada Sony dengan nilai penjualan cukup fantastis. Rumornya nilai penjualan yang melibatkan kedua perusahaan tersebut mencapai nilai USD 165 juta atau setara dengan Rp 2,2 Triliun.

Toshiba Segera Selesaikan Penjualan Sensor Kamera untuk Sony

Belum lama ini, Toshiba memang tengah menglami masalah berat terkait kasus skandal keuangan yang turut mempengaruhi penjualan Toshiba pada skala global. Skandal tersebut diakibatkan oleh kesalahan yang dilakukan Toshiba, dimana Toshiba salah melakukan pencatatan akuntasi di perusahaannya, sehingga berdampak pada level kerugian sebesar USD1,3 miliar dalam periode waktu 7 tahun. Akibatnya mau tidak mau, Toshiba harus melakukan restrukturisasi untuk menjamin kelangsungan perusahaan yang bermarkas di Oita, sebelah selatan negara Jepang.

Dilansir dari Engadget, hari Senin, (26/10), belum ada tanggapan resmi dari Toshiba mengenai rumor yang sudah berdar luas di dunia maya ini. Begutu juga dengan Sony, belum ada informasi yang bisa didapatkan dari perusahaan Jepang produsen flagship Xperia tersebut.

Jika hal ini benar-benar terjadi, maka kabar buruk bagi Toshiba, pasalnya saat ini Toshiba tengah mengalami fase terburuk dalam bisnisnya. Sementara dengan pembelian ini, eksistensi Sony sebagai perusahaan teknologi akan semakin kuat dan gemilang.

Tambahan informasi, Sony sempat juga diisukan akan mundur dari bisnis smartphone, namun akhirnya kabar tersebut langsung dibantah oleh Sony dengan mengatakan jika Sony akan tetap bertahan di pasar smartphone dan menjanjikan akan merilis beberapa smartphone terbaru yang lebih canggih.

Apabila penjualan sensor gambar atau kamera benar-benar akan terjadi, maka keuntungan besar buat Sony karena dengan memiliki bisnis sensor gambar bakal mempertegas kedudukan Sony terutama di bidang bisnis smartphone Xperia yang selama ini memiliki keunggulan pada sektor kameranya. Kemudian dengan adanya akuisisi ini, membuat Sony berniat memperluas kapasitas produksi sensor CMOS.

Direncanakan selain berhak atas bagai infrastruktur dari Toshiba, Sony juga akan merekrut beberapa karyawan kompeten Toshiba serta database pelanggan Toshiba yang meliputi produsen mobil dan kamera. Baca juga Toshiba Hadirkan Tablet Konvertibel yang Tak Semahal Seri Radius 12 dan Layanan Service Sony yang Lambat Dituding Tindakan Kampanye Gelap Semata.

Top