Terbongkar Maling Data, Apple Hapus Ratusan Aplikasi

Terdeteksi Pencurian Data, Ratusan Aplikasi dari App Store Apple Dihapus – Baru-baru ini Apple dikabarkan telah menghapus sejumlah aplikasi yang ada pada App Store nya. Hal tersebut dilakukannya setelah keluarnya hasil riset dari firma keamanan yang  menunjukkan bahwa terdapat ratusan aplikasi iOS yang ketahuan dapat mengakses data pribadi milik penggunanya.

terdeteksi-pencurian-data-ratusan-aplikasi-dari-app-store-apple-dihapus

Dikutip laporan Mashable dari halaman Kompas Tekno, Rabu (21/10/2015), telah menyatakan bahwa peneliti di firma keamanan SourceDNA menyatakan bahwa pihaknya telah menemukan sebanyak 256 aplikasi yang telah melakukan pelanggaran dari panduan keamanan yang ditetapkan oleh Apple.

Pelanggaran yang telah terbongkar tersebut merupakan pelanggaran software yang dapat digunakan untuk pengumpulan data-data penting milik pengguna yang bersifat pribadi, diantaranya seperti email dan juga nomor identitas perangkat mereka.

Pihak SourceDNA sendiri memang tidak melakukan pencatatan secara rinci dari nama-nama aplikasi tersebut. Hanya saja, mereka mengatakan bahwa sebagian besar aplikasi adalah buatan dari pengembang aplikasi di China, Youmi.

Pengembang SDK di Youmi tersebut apabila digunakan oleh developer akan dapat mengambil data seperti yang diterangkan di atas misalnya email ataupun nomor serial perangkat serta daftar aplikasi yang telah diunduh oleh pengguna iOS.

“Data-data yang telah dikumpulkan oleh SDK tersebut kemudian diunggah ke server milik Youmi sendiri,” penuturan SourceDNA.

Apple juga memberikan pernyataan bahwa pihaknya mengaku telah menemukan sejumlah aplikasi yang juga menggunakan SDK yang dimaksudkan tersebut, yang memang terbukti telah melanggar aturan standar keamanan yang telah ditetapkan oleh Apple.

Apple juga mengungkapkan bahwa aplikasi yang menggunakan SDK Youmi tersebut akan dihapus seluruhnya dari App store Apple. Kemudian untuk langkah berikutnya Apple juga akan menolak seluruh aplikasi baru yang di submit ke App Store dengan SDK.

SourceDNA kemudian menambahkan apabila 256 aplikasi tersebut memang telah diunduh oleh pengguna sebanyak 1 juta orang. Walaupun angka tersebut masih tergolong kecil untuk ukuran pengguna perangkat Apple yang ada, namun pengguna juga telah memiliki kekhawatiran apabila nantinya akan ada pihak-pihak lain yang melakukan langkah serupa. Baca juga Apple Didenda Lebih dari Rp 3 Triliun Karena Langgar Hak Paten dan Aplikasi Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh

Top