Tahun 2022 Diprediksi Punahnya Pengguna 2G

Pengguna Jaringan 2G Diprediksi Akan Lenyap Beberapa Tahun ke Depan – Pada era saat ini, konektivitas jaringan telah berkembang begitu pesat. Bahkan saat di Indonesia sendiri  jaringan 4G LTE belum tersebar dengan merata di luar negeri telah mulai merencanakan penerapan jaringan 5G. Dari perkembangan yang sangat cepat tersebut, lalu bagaimana dengan pengguna jaringan-jaringan lawas?

pengguna-jaringan-g-diprediksi-akan-lenyap-beberapa-tahun-ke-depan

Hadirnya konektivitas jaringan 4G saat ini saja sudah mampu merontokkan sedikit demi sedikit pengguna jaringan 3G. Hal tersebut bukan tak mungkin akan memicu para pengguna jaringan 2G akan segera lenyap untuk satu dekade ke depan. Begitu cepatnya perkembangan teknologi memang akan semakin banyak para pengguna yang akan meninggalkan teknologi lama yang mungkin saat ini masih digunakannya.

Seperti yang dituturkan oleh CEO dari PT XL Axiata, Dian Siswarini yang dilansir dari halaman techno.okezone, Rabu (21/10/2015), dirinya mengatakan bahwa di XL, masih terdapat sekitar 60 persen pengguna jaringan 2G, “Namun, trafiknya masih kalah jauh dibandingkan dengan pengguna 3G pada layanan data, 2G tidak efisien dan memiliki speed yang rendah,” ujar Dian.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa diperkirakan jaringan 2G akan tetap hidup hingga tahun 2022. Sementara untuk XL sendiri saat ini masih memiliki BTS 2G sebanyak 17 ribu yang seluruhnya sudah dimodernisasi. Hal tersebut dilakukan bersamaan dengan diperbaharuinya BTS untuk jaringan 3G.

Dengan lahirnya jaringan 4G LTE, memang nantinya diharapkan akan mulai menyusutnya para pengguna jaringan 2G dan beralih pada jaringan 3G atau langsung saja beralih pada jaringan 4G. Untuk memberikan solusi tersebut dan para pengguna akan langsung beralih pada jaringan 4G, maka operator yang identik dengan warna biru tersebut akan menyediakan beberapa program bagi pelanggannya.

Salah satu programnya yaitu Free 4G SIM ‘replacement’ yang diberlakukan pada 200 lokasi bahkan lebih. Perusahaan tersebut juga semakin getol menggencarkan promosinya untuk membuat para pengguna tertarik menggunakan jaringan 4G LTE yang membawa embel-embel akses internet dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu saja, memang apabila diperhatikan saat ini pertumbuhan handset dengan teknologi 4G LTE sudah semakin banyak dan menyebar lebih dari 100 persen di pasaran. Jadi, hal tersebut turut memicu pengguna tak ingin ketinggalan jaman. Baca juga Jaringan 4G LTE Bolt Akan Tersebar di Aceh Pada Desember 2015 dan XL Axiata Umumkan Program Baru

Top