Sukses Berat, Apple Watch Raih Pendapatan Hingga Rp 23 Triliun

Banyak Dikritik, Penjualan Apple Watch Justru Melambung – Saat pertama kali dirilis, Apple Watch memang sempat banjir kritikan hal itu tak lepas dari harga mahal serta tampilannya yang kurang ‘fashionable’. Tetapi fakta di lapangan jsutru membuktikan hal berbeda, dimana Apple Watch justru mengalami penjualan positif dengan berhasil menambah peningkatan pendapatan Apple pada kuartal keempat mencapai US$1,7 miliar atau setara dengan Rp 23,23 triliun, hal ini berdasarkan data dari laporan perusahaan yang dikirim kepada Komisi Sekuritas dam Bursa AS.

Sukses Berat, Apple Watch Raih Pendapatan Hingga Rp 23 Triliun

Padahal Apple Watch baru dipasarkan kurang dari setengah pada tahun anggaran 2015, dengan melihat waktu pemasarannya hal ini bisa menjadi pertanda baik terkait penjualan Apple Watch ke depannya. Jika performa penjualan Apple Watch bisa terjaga, bukan tidak mungkin Apple bakal mendapatkan nilai bisnis sebesar US$ 5 miliar dari jam tangan pintarnya tersebut.

“Sebuah perhitungan matematika kecil, kategori produk lain tumbuh dari US$ 8,379 miliar pada tahun 2014 menjadi US$ 10,067 miliar pada 2015. Itu berarti, Apple telah menjual setidaknya US$ 1,688 miliar Apple Watch. Tapi seperti disiratkan laporan itu, angka sebenarnya lebih tinggi karena jatuhnya penjualan iPod pada kategori itu,” kata VentureBeat, dilansir dari TeknoTempo (31/10).

“Jika kecepatan itu dapat dipertahankan, masuk akal untuk berpikir Apple Watch bisa menjadi setidaknya bisnis senilai US$ 5 miliar pada tahun fiskal saat ini.” tambah VentureBeat lagi.

Angka penjualan yang ditorehkan Apple Watch sendiri memang terpaut jauh dengan angka penjualan flagship smartphone dan tablet Apple. Tetapi mengingat belakangan pasar smartwatch yang semakin meningkat pesat, bukan tidak mungkin Apple Watch akan menjadi pasar potensial bagi Apple di masa mendatang.

Saat ini sendiri Apple sedang berusaha lepas dari bayang-bayang ketergantungan pada iPhone yang menjadi ujung tombak penjualan. Apple sendiri mengandalkan smartwatch sebagai perangkat yang bisa menjadi tumpuan lain untuk kelangsungan industri beberapa tahun ke depan. Bahkan Tim Cook juga sangat percaya diri jika Apple Watch akan mendapatkan momentum penjualan lebih baik lagi jelang liburan natal dan awal Januari.

“Kami sedang menuju ke liburan dengan jajaran produk terkuat kami, termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, Apple Watch dengan jajaran casing dan band diperluas, iPad Pro baru dan Apple TV yang mulai pengiriman minggu ini,” kata Cook.

Sebagai tambahan, saat ini sendiri penjualan iTunes dan iPad terus menrurun sehingga tidak salah lagi jika perusahaan mengandakan Apple Watch untuk menjadi flaghsip andalan yang bsia mendongkrak penjualan perusahaan. Baca juga Facebook Berikan Fitur Messenger di Apple Watch dan Google Maps Hadirkan Navigasi Sederhana Namun Fungsional pada Apple Watch.

Top