Selain Selfie, Kamera Smartphone Juga Bisa Digunakan untuk Hal Menarik Lainnya

Fungsi Kamera Smartphone Selain untuk Selfie – Di tengah perkembangan teknologi khususnya smartphone, membuat vendor berlomba-lomba untuk menciptakan smartphone canggih lewat beberapa fitur modern. Salah satunya lewat kamera canggih. Apalagi saat ini, kita tengah mengalami fase trend selfie, dimana tujuan utama konsumen memburu smartphone adalah untuk mengabadikan momen ‘narsis’.

Kamera Smartphone Bisa Digunakan untuk Hal Menarik Lainnya

Pada dasarnya, diciptakannya kamera pada smartphone tak hanya untuk digunakan sebagai media selfie, jika pengguna bisa lebih kreatif dan cerdik kamera smartphone juga bisa digunakan untuk hal-hal menarik lainnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kawan Begawei dapatkan dengan kamera smartphone kecuali selfie.

Memindai dokumen
Kamera yang terdapat pada smartphone masa kini sudah dirancang perakit untuk bisa melakukan scan pada dokumen. Caranya amat simpel, mirip ketika memotret obyek gambar. Letakkan dokumen yang ingin dipindai, lalu potret dengan kamera smartphone. Hasil dokumen tersebut bisa disimpan format PDF ataupun JPEG.

Membaca QR-Code
Tak hanya dirancang sebagai pemindai dokumen, kamera smartphone juga sangat bisa dipakai untuk membaca barkode. Dari hasil pindaian barkode dengan kamera smartphone, kita bisa melihat informasi seperti nama dan harga barang, bahkan dalam beberapa barkode bisa memunculkan dokumen atau link-link web tertentu,

Webcam dan CCTV
Kamera smartphone ternyata juga bisa digunakan sebagai webcam di laptop. Sayangnya untuk menggunakan kamera smartphone sebagai pengganti webcam, kawan Begawei harus menginstal aplikasi pendukungnya lewat Google Playstore. Selain bisa digunakan sebagai kamera webcam, aplikasi tersebut juga dapat memaksimalkan fungsi kamera smartphone untuk kamera pengawas layaknya CCTV. Nah, menarik bukan?

Mencari rasi bintang
Lewat aplikasi semacam Star Chart dan Google Skymap, pengguna smartphone dapat melihat rasi bintang secara praktis lewat smartphonenya. Cukup mudah cara memakainya, ikuti dengan benar arahan kamera pada aplikasi untuk menemukan rasi bintang tertentu. Istimewanya, rasi yang terekam kamera turut dilengkapi dengan informasi singkat nama-nama bintang.

Merekam momen
Selain untuk memotret gambar, sebenarnya fitur kamera yang sering diabaikan oleh pengguna adalah fitur perekam video. Smartphone kelas satu saat ini sudah dilengkapi dengan fitur perekam video yang bagus, dan sangat memadai untuk merekam video perjalanan atau membuat short film. Jika ingin membuat video menarik dan unik, bisa menggunakan fitur kolase video. Sayangnya fitur kolase video baru terdapat untuk beberapa smartphone kelas atas. Baca juga Jamur Kancing, Material Baterai Lithium-Ion yang Tahan Lama dan LeTV Max 2 Smartphone dengan RAM 6 GB.

Top