Samsung Ungkap Alasan Mengapa Gunakan Prosesor Exynos pada Galaxy A8

Samsung Lebih Memilih Prosesor Exynos pada Galaxy A8 – Samsung secara resmi telah merilis smartphone Galaxy A8 untuk pasar Indonesia. Selain spesifikasinya yang cukup berkualitas, salah satu hal yang menarik pada Samsung Galaxy A8 adalah penggunaan prosesor Exynos. Hal ini memang cukup menarik karena biasanya Samsung lebih memilih prosesor Snpadragon untuk ditempatkan pada sistem dapur pacu produk-prduknya.

samsung-lebih-memilih-prosesor-exynos-pada-galaxy-a8

Baru-baru ini diketahui bahwa memang smartphone Samsung Galaxy A8 yang beredar di Tanah Air ditenagai oleh prosesor Samsung Exynos, bukan Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core yang dikabarkan sebelumnya. Namun pihak Samsung sendiri yang langsung memberi konfirmasi mengapa Galaxy A8 menggunakan prosesor Exynos.

Pabrikan asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa chipset Exynos yang digunakan pada Galaxy A8 ini termasuk yang paling bertenaga di kelasnya, dan juga sebelumnya digunakan oleh Samsung Galaxy Alpha. Tak hanya itu, Samsung juga memilih prosesor Exynos untuk menyesuaikan frekuensi jaringan 4G LTE di Indonesia.

“Versi Exynos dipilih karena menyesuaikan dengan penggunaan frekuensi 4G LTE yang diterapkan di Indonesia,” kata Irvan Renaldy, Manajer Marketing Produk Samsung Indonesia., seperti dilansir oleh laman Detik Tekno (1/10)

Meski diklaim bahwa prosesor Exynos akan menghasilkan tenaga yang sangat bagus, namun sebenarnya performa Samsung Galaxy A8 sendiri tak terlalu istimewa untuk ukuran smartphone di kelas Rp 6 jutaan. Seperti kita ketahui, Samsung Galaxy A8 dibekali dengan chipset Exynos 5430 yang mengusung prosesor Octa-core, yang terdiri dari CPU Quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz dan CPU Quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 1.8 GHz. Prosesor tersebut dipadukan dengan memori RAM sebesar 2 GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Mali-T628 MP6.

Samsung Galaxy A8 sendiri memiliki desain tipis dengan layar berjenis Super AMOLED berukuran 5.7 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 386 piksel per inci. Samsung Galaxy A8 berjalan pada sistem operasi OS Android Lollipop dengan tampilan anatarmuka TouchWiz UI khas Samsung.

Pada lini fotografi, pabrikan asal Korea Selatan ini membekali Galaxy A8 dengan kamera utama berkekuatan 16 MP yang dilengkapi dengan sensor ISOCELL autofokus dengan aperture f/1.9 serta OIS (Optical Image Stabilization) dan LED Flash. Baca juga Sharp Siapkan Smartphone Terbaru dengan Kekuatan RAM 3 GB dan Layar FHD dan Evercross Winner Y Ultra Resmi Dijual.

Top