Ratusan Peserta Ramaikan Kontes Robot Pintar di Yogyakarta

Persaingan 211 Tim Pada Ajang Kontes Robot Pintar di Yogyakarta – Ajang Kontes Robot pintar yang digelar kedelapan kalinya di Kota Yogyakarta dibanjiri oleh ratusan peserta dari berbagai sekolah. Tahun ini Taman Pintar Kota Yogyakarta kedatangan peserta kompetisi yang jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

persaingan-211-tim-pada-ajang-kontes-robot-pintar-di-yogyakarta

Seluruh peserta yang hadir dan berpartisipasi tak hanya datang dari sekolah-sekolah di Yogyakarta, namun dari daerah lain juga sangat antusias mengikuti kompetisi robot pintar ini.

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono hari Sabtu lalu memberikan pernyataan seperti yang dilansir pada halaman techno.tempo, Senin (26/10/2015) yang menyatakan bahwa pada tahun ini ada sebanyak 211 tim dari berbagai sekolah yang turut bersaing menjadi yang terbaik. Jumlah tersebut meningkat secara signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 155 tim dan di tahun 2013 yang berjumlah 104 tim. Jadi memang peserta untuk kompetisi ini mengalami peningkatan untuk setiap tahunnya.

Peningkatan dari daerah luar Yogyakarta sendiri juga semakin banyak. Pada tahun ini terdapat 33 tim yang berasal dari Magelang, Klaten, Cilacap, Wonosobo juga Semarang.

Kontes robot Pintar Yogyakarta ke VIII ini telah diselenggarakan 2 hari kemarin dari 24 hingga 25 Oktober yang berada dalam lima kategori yaitu kategori senior yang diikuti oleh 55 tim, junior 34 tim dan expert 43 tim sementara sisanya diikuti oleh kategori umum dan SD yang berjumlah 38 dan 41 tim.

Selain terdapat peningkatan dari segi peserta, pada kontes tersebut juga telah diberikan sejumlah pembaruan khususnya pada bentuk sirkuit yang digunakan.

Kontes robot pintar tersebut merupakan sebuah puncak dari serangkaian kegiatan yang telah digelar sejak pertengahan tahun lalu sebagai hasil kerja sama antar Taman Pintar Yogyakarta dengan Universitas Macquarie Australia.

Untuk Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII telah memperebutkan piala bergilir dan juga sertifikat dari Kementerian Negara Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi serta piala dari Wali Kota Yogyakarta.

Sementara untuk hasil dari kompetisi tersebut, kita tunggu saja pengumuman dari situs resmi penyelenggara, sekolah mana yang akan berhasil menyabet sebagai juara pertama. Baca juga DMM Perkenalkan Robot yang Dapat Menari dengan Lincah dan Bandung dan Yogyakarta Berpotensi Menjadi Silicon Valley Indonesia

 

 

Top