Ratusan Balon Pintar Google Siap Terbang di Indonesia

XL Axiata, Telkomsel dan Indosat Siap Uji Coba Balon Pintar Google – Google telah mengumumkan peresmian kerja sama tentang peningkatan akses internet untuk wilayah Indonesia dengan tiga operator seluler terbesar di Indonesia yaitu XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat. Google dikabarkan akan menyiapkan balon pintar, Project Loon yang akan dapat menghubungkan 100 juta penduduk di Indonesia.

xl-axiata-telkomsel-dan-indosat-siap-uji-coba-balon-pintar-google

Dalam sebuah pengumuman resminya di blog Google, Mike Cassidy, Vice President Project Loon menuliskan bahwa pihaknya berharap nantinya ke depan proyek balon pintar ini akan dapat menjalin kerja sama dengan penyedia jaringan lokal dalam membangun koneksi internet dengan kecepatan tinggi berbasis Long Term Evolution (LTE).

Cassidy juga menuliskan pada kutipan yang dilansir dari halaman Viva Teknologi, Kamis (29/10/2015), “Kecepatan ini baik untuk situs-web, menonton video dan melakukan pembelian online,”

Pihaknya juga menuliskan bahwa Project Loon dapat membantu perusahaan telekomunikasi dalam melakukan pelebaran jaringan, melambung jauh tinggi ke angkasa dengan menyelesaikan seluruh tantangan dalam permasalahan penyebaran sarana pra sarana dalam menyediakan konektivitas di seluruh belahan Nusantara. Pada wilayah Indonesia sebagaimana yang telah diketahui mencakup sekitar 17 ribu kepulauan yang melewati hutan dan juga pegunungan.

Berdasarkan laporan The Verge yang dirangkum dari halaman Viva Teknologi, Kamis (29/10/2015) Cassidy juga mengatakan bahwa untuk mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia yang terhitung sangat luas, Google akan mengerahkan banyak balon pintar. Cassidy mengatakan juga apabila perusahaan telah membuat perencanaan untuk menerbangkan ratusan balon yang akan mengudara di langit Indonesia.

Alasannya dari hal tersebut adalah karena menurut data yang dimiliki oleh Google bahwa perbandingan jumlah penduduk Indonesia yang dapat mengakses internet yaitu sebanyak satu banding tiga.

Dengan balon pintar tersebut Google akan dapat mengambil sinyal yang dihasilkan dari operator seluler Indonesia lalu kemudian mendistribusikannya menembus langit. Google juga menyebutkan bahwa balon pintar tersebut akan terbang pada ketinggian sekitar 20 KM berada di atas jalur pesawat terbang komersil.

Selain balon pintar, pihaknya juga memperluas komitmen Google dalam mempermudah akses internet di Indonesia dengan memperkenalkan ponsel pintar murah dengan kualitas tinggi, Android One. Baca juga Pertumbuhan Google Photos Lebih Pesat Daripada Instagram dan Google dan Facebook Jadi Pelopor Konektivitas Internet dengan Laser dan Radio

Top